Populasi Mobil Wuling di Indonesia Sudah 27 Ribu Unit

Berita Otomotif

Populasi Mobil Wuling di Indonesia Sudah 27 Ribu Unit

JAKARTA - Meski baru berjualan di Indonesia dalam waktu relatif singkat sekitar 20 bulan, penjualan mobil Wuling diklaim sudah puluhan ribu unit.

Dian Asmahani, Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, mengklaim penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) kendaraan bermerek China tersebut di Tanah Air sejak awal kehadiran hingga April 2019 sudah lebih dari 27 ribu unit. Padahal, mereka mereka baru aktif di pasar selama 20 bulan, tepatnya dari Agustus 2017, dengan meluncurkan Confero 1.5-liter.

“Di tahun pertama, di 2017, penjualan kami 5.050 unit. Pada tahun kedua 17 ribu unit. Itu sudah sekitar 23 ribu unit. Jika ditambah lagi dengan tahun ini menjadi 27 ribu-an unit karena pada Januari - April kemarin, kan, penjualan kami 4.286 unit,” ucapnya meladeni pertanyaan Mobil123.com beberapa waktu lalu di kawasan Senayan, Jakarta.

Dalam kurun 20 bulan, Wuling bertindak agresif dengan menerjunkan empat produk. Setelah Confero ada Cortez, Formo plus Almaz.

Tiga model pertama adalah multi purpose vehicle (MPV). Almaz, di sisi lain, merupakan sport utility vehicle (SUV).

Confero Amat Dominan
Peran Confero, low MPV sekelas Toyota Avanza atau pun Mitsubishi Xpander, sejauh ini sangat besar. Lebih dari separuh penjualan disumbangkan olehnya.

“Confero masih lebih dari 60 persen. Kemudian Cortez, lebih dari 30 persen. Almaz sendiri masih produk baru, kan. Baru (membukukan wholesales) 1.500 unit. Kontribusinya belum 10 persen,” jelas Dian mengenai model yang mengaspal pada 27 Februari tersebut.

Ia mewajari peran penting Confero karena low MPV adalah segmen kendaraan paling besar di negeri ini.

“Cuma, apakah nanti ada pergeseran, kita lihat lagi seperti apa,” lanjutnya.

Wuling menganggap pencapaian 27 ribu unit dalam 20 bulan menggembirakan. Angka-angka tersebut ia anggap sebagai tanda bahwa mereka makin mendapatkan kepercayaan konsumen.

“Kalau melihat dari data penjualan artinya meskipun Wuling baru 20 bulan ada di Indonesia, belum dua tahun, tapi kepercayaan konsumen terhadap merek ini makin meningkat,” tukas Dian. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar