Wow, Angkot di Jakarta Rencananya Mau Pakai AC, CCTV, dan Pintu Otomatis

Berita Otomotif

Wow, Angkot di Jakarta Rencananya Mau Pakai AC, CCTV, dan Pintu Otomatis

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang bersiap membuat angkutan perkotaan (angkot) makin nyaman dan aman. Beragam fitur nantinya disediakan dalam armada angkot yang baru.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, melalui akun Instagram resmi mereka baru-baru ini, mengumumkan rencana penambahan layanan Mikrotrans berpendingin udara (Air Conditioner/AC) dan terhubung dengan Jaklingko.

Mikrotrans sendiri ialah sebutan bagi angkot berkapasitas penumpang relatif sedikit yang bisa dimanfaatkan sebagai penghubungan antarmoda transportasi lainnya di Ibu Kota seperti commuter line atau bus TransJakarta.

Adapun JakLingko merupakan sistem pembayaran terintegrasi antarmoda transportasi tersebut.

“Layanan ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan kemudahan akses layanan transportasi publik yang nyaman, aman, dan andal bagi masyarakat,” demikian tertulis dalam unggahan di @dishubdkijakarta.

Spesifikasinya sudah dijelaskan cukup merinci. Dari segi kapasitas, angkot ‘gedongan’ tersebut mampu memuat antara sembilan sampai 10 penumpang.

Masing-masing kursi tak lupa dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Lalu, Mikrotrans di Jakarta memiliki AC plus kamera CCTV di dalam kabin. Tak tanggung-tanggung, terdapat empat CCTV yang siap merekam situasi selama perjalanan.

“Pemberikan CCTV ini diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada penumpang dan pengemudi dalam menggunakan mikrotrans ber-AC ini,” ucap Dishub DKI Jakarta.

Rekaman gambar dari CCTV ditampilkan langsung melalui monitor yang disematkan. Monitor tersebut memiliki fungsi tambahan sebagai pemantau rute maupun penyampai pesan-pesan promosional.

Tak cukup sampai di situ, fitur lain yang akan disediakan ialah pintu otomatis sehingga memudahkan aktivitas naik-turun penumpang. Di interior, terdapat juga palu pemecah kaca untuk digunakan dalam situasi darurat.

Terakhir, untuk makin memudahkan identifikasi oleh penumpang, Mikrotrans ber-AC di Jakarta bakal dilengkapi running text pada bagian luar yang menampilkan rute. Running text itu kelak ditaruh di depan, samping, kiri, serta belakang bodi armada.

Menurut Mobilovers, bagaimana rencana Mikrotrans yang nyaman dan aman tersebut? Saat sudah hadir, apakah Mobilover bakal lebih berminat untuk memanfaatkan angkot ketika bepergian di dalam kota atau tetap memilih mobil pribadi? [Xan/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas berkualitas <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar