Selama Pandemi, Pengguna Angkot Turun Drastis

Berita Otomotif

Selama Pandemi, Pengguna Angkot Turun Drastis

JAKARTA – Jumlah pengguna angkutan umum di DKI Jakarta turun drastis sejak terjadinya pandemi Covid-19.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah penumpang harian angkutan umum di di Ibukota turun hingga 58,44%. Hal ini cukup disayangkan karena angkutan umum merupakan salah satu cara paling murah dan mudah untuk melakukan mobilitas.

Berkurangnya peminat angkot memang tidak bisa dihindari. Selama pandemi menerjang Tanah Air, banyak masyarakat yang melakukan Work From Home atau biasa dikenal WFH. Kalaupun harus melakukan mobilitas, kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi agar tidak melakukan kontak dengan orang asing.

Guna menarik kembali minat masyarakat menggunakan angkot, Suzuki Indonesia bersama dengan JakLingko pun melakukan beberapa inovasi. Salah satunya adalah dengan menghadirkan Angkutan Kota Ber-AC dalam upaya membangun kepercayaan dan kenyamanan pengguna angkutan kota.

Selama Pandemi, Pengguna Angkot Turun Drastis

“Program Angkot AC ini adalah upgrade dari program angkot regular JakLingko saat ini. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan program angkot AC agar meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang. Program ini juga merupakan salah satu bagian dari program integrasi transportasi di Jakarta,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Melibatkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Transjakarta, Suzuki dan JakLingko menargetkan Angkot AC mulai beroperasi pada semester kedua tahun ini. Saat ini, program Angkot AC sedang disiapkan untuk dapat menunjang mobilisasi masyarakat dengan maksimal.

Tak hanya menggunakan AC untuk kenyamanan, angkot tersebut juga akan dilengkapi dengan beragam beberapa teknologi menarik. Mulai dari AC double-blower, pintu otomatis, smart navigation, GPS, LED Trayek hingga CCTV sehingga bisa membuat masyarakat lebih percaya dalam melakukan mobilita

“Tentunya kami berharap kerja sama yang baik antara Suzuki dan JakLingko, serta seluruh pihak yang terlibat dapat membuahkan hasil yang baik juga. Kami menghadirkan program Angkot AC ini memang bertujuan untuk mengutamakan kenyamanan penumpang dan menarik kembali minat pengguna setelah sempat mengalami penurunan persentase pengguna karena dampak pandemi Covid-19 lalu,” tutup Donny.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar