Wanita Cuma Perlu Waktu 15 Menit untuk Perpanjang SIM

Berita Otomotif

Wanita Cuma Perlu Waktu 15 Menit untuk Perpanjang SIM

MALANG – Pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) perempuan kini semakin dimudahkan karena mereka tidak perlu antri lama.

Di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Singosari Kabupaten Malang, kaum wanita dimanjakan dengan program SIM Wanita Saja atau Simanis. Dengan program ini, maka bagi wanita yang ingin memperpanjang SIM-nya akan diberikan atrian khusus sehingga dipastikan antrian akan lebih cepat.

“Jadi dengan antrean khusus yang diberikan, ibu-ibu atau kaum wanita tidak perlu menunggu lama, pengurus SIM akan lebih cepat. Kemudian mereka bisa kembali menjalani aktivitas sebagai ibu rumah tangga,” ungkap Iptu Yudhi Anugrah Putra, Kanit Reg Ident Polres Malang.

Program ini merupakan ide dari AKBP Yade Setiawan Ujung, Kapolres Malang dan William Tharim Simatupang, Kasat Lantas Polres Malang terbilang cukup menarik. Pasalnya, dengan program ini pemohon hanya perlu meluangkan waktu kurang lebih 15 menit dan SIM sudah rampung.

SIM tersebut merupakan Smart SIM yang beberapa waktu lalu diluncurkan secara Nasional. Smart SIM memiliki beragama fitur, salah satunya bisa digunakan untuk membayar tol sehingga pemegang SIM akan lebih mudah melakukan pembayaran di gardu tol.

Sayangnya, program tersebut baru ada di kota Malang saja. Untuk kota lain seperti Jakarta, SIM Keliling dan Gerai SIM masih menjadi andalan bagi mereka yang ingin melakukan perpanjangan SIM selain datang langsung ke Satpas SIM. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar