Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Wajib Tahu! Cara agar Klaim Asuransi Mobil Diterima

Panduan Pembeli

Wajib Tahu! Cara agar Klaim Asuransi Mobil Diterima

Saat berkendara, tentunya ada berbagai risiko di jalan yang hadir tanpa terduga. Hal tersebut menjadi alasan penting untuk memiliki asuransi mobil.

Pasalnya, dengan memiliki perlindungan asuransi mobil,  Anda akan bebas dari kerugian finansial karena risiko tersebut dapat ditanggung oleh pihak asuransi yang jeni pertanggungannya dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Asuransi mobil yang dapat direkomendasikan adalah Garda Oto. Produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ini menyediakan berbagai kemudahan dengan berbagai fitur benefit dan layanannya, salah satunya adalah kemudahan klaim.

cara klaim asuransi mobil

Klaim asuransi mobil Garda Oto bisa dilakukan lewat aplikasi myGarda, contact center 24 jam Garda Akses 1 500 112, kantor cabang, dan Garda Center yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan.

Lantas, bagaimana tips supaya klaim asuransi mobil Anda diterima? Ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini!

Tips agar Klaim Asuransi Mobil Diterima

klaim asuransi mobil

Terdapat beragam hal yang harus Anda perhatikan ketika mengajukan klaim asuransi mobil.

Pastikan SIM Pengemudi Aktif

Saat mengajukan klaim asuransi mobil, pastikan Surat Izin Mengemudi (SIM) dari pengemudi dalam status aktif. Pertanggungan dari pihak asuransi akan hangus jika sang pengemudi tidak memiliki SIM atau status SIM-nya telah kedaluwarsa.

Pengemudi Tidak Melanggar Aturan Lalu Lintas

Pihak asuransi tidak akan mengabulkan klaim asuransi mobil Anda, kalau insiden yang menyebabkan kerugian ternyata melanggar aturan lalu lintas, seperti melanggar rambu jalan, mengemudi di bawah pengaruh alkohol, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik polis wajib selalu mematuhi setiap aturan di jalan.

Mobil Tidak Dipakai untuk Rental atau Taksi Online

Polis asuransi penggunaan pribadi secara umum tidak menanggung kerugian akibat insiden lalu lintas jika mobil digunakan untuk kebutuhan komersial (kendaraan menghasilkan keuntungan bagi pemilik kendaraan) seperti rental atau taksi online. Oleh sebab itu, Anda harus segera mengupdate data polis Anda ke pihak asuransi jika penggunaan mobil berubah fungsi menjadi penggunaan komersial, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya klaim ditolak.

Pelajari Polis Anda

Anda juga perlu mempelajari polis asuransi mobil yang dimiliki. Cari tahu poin-poin kesepakatan antara Penanggung dengan pihak Tertanggung. Hal ini dilakukan agar Anda memahami ketentuan dan benefit layanan yang akan didapatkan sebagai pelanggan.

Pastikan Klaim Sesuai Jenis Pertanggungan Asuransi Mobil

Secara umum, ada dua jenis pertanggungan asuransi mobil yaitu Total Lost Only (TLO) serta Comprehensive. Pastikan klaim Anda sesuai dengan jenisnya.

Penyebab Kecelakaan/Kerugian Masuk Risiko yang Ditanggung

Pastikan penyebab kecelakaan/kerugian sesuai dengan ketentuan di dalam polis. Jika penyebabnya masuk ke kategori risiko yang tak ditanggung, maka klaim tidak akan diterima.

Lengkapi Dokumen yang Diperlukan untuk Klaim

Dokumen yang diperlukan saat mengajukan klaim asuransi mobil adalah

  • Formulir Laporan Kerugian
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik polis
  • SIM aktif milik pengemudi saat insiden terjadi
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli.

Ada tambahan dokumen jika kecelakaan melibatkan pihak ketiga yaitu Surat Laporan Kepolisian dan Surat Tuntutan dari Pihak Ketiga.

Klaim Diajukan dalam Jangka Waktu yang Ditentukan

Klaim asuransi mobil juga perlu dilakukan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Maksimal pelaporan klaim adalah 5x24 jam setelah kerugian/insiden terjadi.

Garda Oto sendiri memiliki beragam channel untuk pelaporan klaim: aplikasi myGarda, contact center 24 jam Garda Akses 1 500 112, kantor cabang Asuransi Astra terdekat, atau Garda Center yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan.

Ceritakan Kronologis Kejadian secara Jujur dan Lengkap

Agar klaim asuransi mobil Anda diterima, Anda juga mesti menceritakan kronologis kejadian dengan jelas, lengkap, dan sejujur-jujurnya.

Risiko Kecelakaan, Kerusakan, Kehilangan, Kerugian yang Tak Ditanggung Asuransi Mobil

klaim asuransi mobil

Nah, satu hal tak kalah penting dalam menentukan lolos atau tidaknya klaim asuransi mobil Anda adalah apakah risiko kecelakaan, kerusakan, kehilangan, kerugian tersebut masuk dalam pertanggungan.

Contohnya, asuransi tidak menanggung kerugian yang timbul karena insiden yang terjadi saat mobil dipakai latihan mengemudi.

Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Kendaraan rusak saat dipakai untuk menarik/mendorong kendaraan/benda lain, latihan mengemudi, lomba/karnaval/pawai/dan semacamnya, kelebihan muatan, barang yang dimuat
  • Hilang karena perbuatan jahat oleh tertanggung/saudara/yang tinggal bersama tertanggung, serta penggelapan/penipuan/hipnotis
  • Pengemudi tidak memiliki SIM aktif
  • Pengemudi yang sedang dalam pengaruh alkohol/narkotika
  • Melanggar rambu-rambu lalu lintas di jalan
  • Digunakan sebagai taksi online (kecuali jika memiliki polis dengan penggunaan komersial)
  • Rusak akibat bencana alam, huru-hara, sabotase, dan terorisme (dapat ditanggung dengan perluasan jaminan)
  • Pengecualian lainnya yang tertulis dalam PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia)

Kesimpulan

Memiliki asuransi mobil merupakan hal yang penting bagi pemilik kendaraan. Pasalnya, asuransi dapat menanggung potensi kecelakaan, kerusakaan, kehilangan, maupun kerugian yang dapat muncul di kemudian hari.

Untuk itu Anda harus memilih perlindungan asuransi mobil yang tepat, memiliki reputasi yang baik, layanan yang bagus, jangkauan yang luas, besaran premi, hingga kemudahan ketika mengajukan klaim. Dapatkan promo spesial #TenangAdaGARDAOTO di https://bit.ly/gardaotoxmobil123. [ADV/Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang