Cegah Penularan Virus Corona, Masyarakat Diimbau Pakai Masker di Angkot

Panduan Pembeli

Cegah Penularan Virus Corona, Masyarakat Diimbau Pakai Masker di Angkot

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat menggunakan masker di angkutan umum sebagai upaya pencegahan virus Corona. Kementerian  juga sudah berkoordinasi untuk melakukan tindakan pencegahan di berbagai moda transportasi.

Sekadar mengingatkan, virus Corona mulai muncul di Wuhan, China pada penghujung 2019. Virus bernama resmi Covid-19 tersebut menyebar ke banyak negara, termasuk akhirnya Indonesia.

Presiden Joko Widodo, pada Senin (3/3/2020) mengonfirmasi adanya dua warga negara Indonesia yang positif terinfeksi virus Corona. Kedua orang yang merupakan ibu dan anak ini adalah warga Depok, Jawa Barat.

Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi mengimbau agar warga yang bepergian dengan menggunakan angkutan umum menggunakan masker. Kemenhub, menurutnya, sudah membuat surat edaran kepada Direktorat Jendral (Ditjen) masing-masing moda transportasi untuk melakukan tindakan preventif.

“Pak Menteri Perhubungan memerintahkan kepada semua Dirjen untuk melakukan langkah-langkah pencegahan terutama di tempat-tempat umum,” ucap Budi usai menghadiri pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 pada Kamis (5/3/2020) di Senayan, Jakarta.

Budi sendiri sudah membuat surat edaran bertanggal 3 Maret 2020 kepada semua simpul transportasi darat. Isinya antara lain meminta para petugas di lapangan seperti di terminal dan pelabuhan penyeberangan agar mendorong masyarakat untuk menggunakan masker.

“Kemudian, untuk para operator bus dan kapal kami harap agar menyediakan tempat cairan pembersih tangan,” ujarnya.

Ditjen yang dipimpin Budi juga telah mengirim surat kepada Kementerian Kesehatan. Ia berkoordinasi agar di tempat-tempat umum khususnya pelabuhan penyeberangan terdapat pengecekan suhu tubuh.

“Surat untuk Kemenkes sudah saya sampaikan. Saya harap Dinas Kesehatan Provinsi bisa membantu kami menyiapkan petugas-petugasnya. Terutama di Merak – Bakauheuni yang cukup banyak penumpangnya,” papar dia.

Per 5 Maret 2020, virus Corona telah menyebar ke 79 negara. Negara dengan jumlah infeksi terbesar setelah China adalah Korea Selatan.

Sejauh ini, di seluruh dunia, sudah ada 94.752 kasus infeksi virus Corona. Dari angka itu, sebanyak 3.249 orang meninggal.

Akan tetapi, orang-orang yang sembuh dari infeksi lebih banyak lagi. Tercatat, ada 50.698 orang sembuh atau lebih dari 50 persen kasus infeksi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support