VW Bakal Ganti Logo Tahun Depan

Berita Otomotif

VW Bakal Ganti Logo Tahun Depan

BERLIN – Volkswagen (VW) bakal mengganti logo mereka tahun depan sebagai salah satu upaya memperbaiki citra dan mendukung strategi pemasaran mobil listrik.

Chief Marketing Officer VW Jochen Sengpiehl, seperti diwartakan Bloomberg beberapa waktu lalu, menjelaskan bahwa logo baru pabrikan ini nantinya diperkenalkan pada 2019. Logo diganti agar lebih menarik ketika dipasang di bagian depan kendaraan atau ketika dilihat di layar ponsel pintar. Tidak dijelaskan seberapa signifikan perubahannya nanti.

VW sendiri belum lama mengganti lambang. Terakhir kali mereka melakukannya adalah pada 2012, dengan membuat tampilannya menjadi lebih tiga dimensi.

Menurut Sengpiehl, VW kini tidak dalam kondisi baik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Salah satu dari sekian alasannya adalah hilangnya daya tarik emosional karena mereka selama ini terkesan ‘terlalu Jerman’ alias kaku.

“Kondisi kurang baik yang kami alami sekarang bukan hanya karena kasus skandal diesel,” ujarnya.

Kesan ‘terlalu Jerman’ ini dianggap tidak menguntungkan dalam rencana mereka beralih fokus dari mobil bermesin konvensional ke mobil listrik. Di samping logo baru, VW juga akan lebih banyak masuk ke media sosial maupun platform-platform digital lain untuk berpromosi, khususnya mengenai mobil-mobil listrik mereka.

“Tantangan besarnya adalah bagaimana kami menarik orang-orang ke dunia mobil listrik. Kami ingin mereka bersenang-senang dengan VW. Kami harus menjadi lebih berwarna,” tegas lelaki yang baru bergabung ke VW pada September 2017  dari Hyundai itu.

VW memang berencana mulai lebih agresif masuk ke pasar mobil listrik pada 2020, dimulai dengan meluncurkan I.D hatchback. Menyusul di waktu-waktu berikutnya adalah sport utility vehicle (SUV), minivan plus sedan listrik.

Sengpiehl ingin VW mempunyai kesan lebih menarik dan tak sekaku sekarang. Perubahan citra ini dilakukan bersamaan dengan penyelesaian skandal manipulasi emisi gas buang diesel yang masih terus berlanjut sejak 2015 silam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual