Mantan Boss VW Dipenjara 7 Tahun

Berita Otomotif

Mantan Boss VW Dipenjara 7 Tahun

CALIFORNIA - Mantan VW executive Oliver Schmidt akhirnya divonis 7 tahun penjara dan denda sekitar Rp 5.4 miliar karena keterlibatannya dengan skandal VW dieselgate.

Schmidt yang menjabat sebagai Head of VW environmental and engineering, berkantor di Michigan, Amerika Serikat ditangkap pada Januari 2017. Pada penangkapannya pria berkewarganegaraan Jerman ini sedang liburan bersama keluarganya di Amerika Serikat.

Pria berkepala plontos ini sendiri telah mengaku salah karena melakukan persengkongkolan untuk menipu Pemerintah Federal Amerika Serikat. Dan berujung pada pelanggaran Clean Air Act.

Dalam persidangannya, Hakim Sean F.Cox memberlakukan hukuman sesuai dengan rekomendasi jaksa.

"Anda adalah konspirator kunci yang bertanggung jawab atas skandal ini. Melakukan kecurangan besar yang merugikan konsumen di Amerika Serikat," kata Hakim di persidangan.

Untuk diketahui, beberapa hari sebelum vonis dijatuhkan, Schmidt menulis surat yang ditujukan kepada Hakim. Dalam suratnya ia mengakui bahwa telah disalahgunakan oleh VW saat dia mengungkapkan penggunaan diesel software yang menipu hasill emisi. Kejadian ini terjadi pada 2015 saat dalam pertemuan dengan pejabat senior California Air Resorces Board. 

"Saya diarahkan untuk mengikuti pertemuan tersebut dan disetujui oleh supervisor pada tingkat management VW termasuk pengacara. Kesalahan saya pada saat itu adalah setuju untuk mengikutinya," jelas Schmidt. 

Schmidt bukan pertama yang masuk bui, karyawan VW lainnya telah dijatuhi hukuman di Amerika Serikat adalah James Liang. Engineer VW ini dipenjara 40 bulan yang sudah dijalaninya dari Agustus 2017.

Sejatinya banyak eksekutif senior VW yang dilaporkan terlibat dalam skandal VW dieselgate. Namun hampir semuanya adalah warga negara dan tinggal di Jerman, artinya di luar wilayah yuridiksi pengadilan Amerika Serikat. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual