Walikota London Tuntut VW Bayar Denda Rp 41 Miliar

Berita Otomotif

Walikota London Tuntut VW Bayar Denda Rp 41 Miliar

LONDON – Akibat skandal dieselgate yang menjerat VW, Walikota London, Sadiq Khan menuntut pendapatan daerahnya sebesar 2,5 Pondsterling atau sekitar Rp 41 miliar.

Dalam surat yang ditujukan pada manufaktur asal Jerman tersebut, Khan meminta Volkswagen untuk membayar kompensasi secara penuh. Dirinya juga menjelaskan secara tegas bahwa tidak akan memberikan keringanan sedikit pun.

Menurut aturan yang berlaku di London, setiap mobil dengan kadar polusi 75g/CO2 dan masuk dalam standar Euro 5 tidak akan dibebani biaya tambahan. Namun jika produsen mobil tidak bisa memenuhi salah satu syarat tersebut, maka mereka harus membayar biaya tambahan sebesar  11,50 pondsterling atau sekitar Rp 193 ribu setiap unitnya.

Menurut beberapa sumber, meskipun VW bisa menyiasati kadar CO2 pada kendaraannya. Namun mereka tidak bisa menyiasati standar Euro 5.

Khan mengatakan bahwa denda Rp 41 miliar yang dibebankan pada VW akan digunakan mendanai sekolah-sekolah. Program ini ditujukan untuk memberikan kualitas udara yang baik dan dijalankan oleh para siswa di London.

“Tidak ada alasan untuk VW berkelit dari membayar denda setelah skandal diseselgate ini terungkap. Saya ingin melihat komitmen VW atas ribuan mobil mereka yang beredar di London. Saat ini mesin diesel mereka mengambil peranan utama dalam perusakan alam di London,” ujar Khan dalam suratnya. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support