Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pemerintah Amerika Serikat Gugat VW Group

Berita Otomotif

Pemerintah Amerika Serikat Gugat VW Group

WASHINGTON - Skandal dieselgate yang menimpa Volkswagen Group berbuntut panjang. Departemen Kehakiman Amerika Serikat secara resmi mengajukan gugatan perdata terhadap Volkswagen AG.

Sebelumnya, VW Group sudah diperintahkan untuk melakukan penarikan (recall) secara besar-besaran terhadap jutaan mobilnya di seluruh dunia. Gugatan dari banyak pemilik VW Group pun sudah dilayangkan karena dugaan mobil-mobil bermesin diesel VW memanipulasi standar emisi. Class action terhadap VW pun sudah dilayangkan.

Sebagai tindak lanjut skandal itu, Departemen Kehakiman Amerika Serikat menggugat VW karena diduga melanggar Clean Air Act dengan memasang perangkat ilegal untuk merusak sistem kontrol emisi di 600.000 kendaraan di Amerika.

Tuduhan dalam gugatan itu menurut seorang pejabat senior Departemen Kehakiman bisa membawa hukuman yang menghabiskan biaya miliaran dolar.

"Amerika Serikat akan mengejar semua solusi yang tepat terhadap Volkswagen Group untuk memperbaiki pelanggaran hukum udara bersih bangsa kita," kata Asisten Jaksa Agung John Cruden, yang menjadi kepala divisi lingkungan dan sumber daya alam.

"Kami menyatakan bahwa mereka tahu apa yang mereka lakukan, mereka sengaja melanggar hukum dan memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap kesehatan," kata pejabat senior Departemen Kehakiman.

Selain tuntutan perdata tadi, Departemen Kehakiman tengah menyelidiki pelanggaran pidana.

Volkswagen AG sendiri sudah tahu gugatan itu dan mengatakan siap bekerja sama. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang