Volta, Skuter Listrik Buatan Semarang

Berita Otomotif

Volta, Skuter Listrik Buatan Semarang

JAKARTA – Volta memboyong beberapa produk unggulannya pada gelaran IIMS Motobike Hybrid Show 2020.

Sebagai produsen sepedamotor listrik, Volta memboyong beberapa produk unggulannya. Tidak hanya skuter, mereka juga memperkenalkan sepeda listrik buatannya. Unit buatannya diharapkan mampu bersaing di pasar sepedamotor listrik yang terus menggeliat di Tanah Air.

Volta 401

Volta 401 adalah skuter listrik yang tampilannya cukup sporti. Dengan mengusung bodi yang mungil seperti skutik bensin ramai di pasaran, sejatinya kendaraan ini bisa tampil gesit dan cekatan di jalanan.

Desain lampunya ditempatkan pada fairing depan mirip dengan skutik-skutik masa kini yang banyak terlihat di jalanan. Sayangnya motor ini masih mengandalkan lampu model bohlam dan pada bagian depan masih menggunakan reflektor. Begitupun dengan lampu sein yang masih mengandalkan bulb biasa.

Panel instrumennya sudah menggunakan layar digital untuk memberikan informasi seputar kendaraan pada para penggunanya. Terdapat soket USB untuk mengisi ulang daya baterai pada ponsel pengendara.

Volta 401 memiliki tiga mode percepatan kendaraan. Selain itu pihak produsen menyematkan fitur pengaman berupa tombol hijau dengan penanda huruf P. Tombol tersebut berguna untuk membuat ban tidak berputar saat grip gas dipelintir.

Motor buatan Semarang, Jawa Tengah ini juga dilengkapi dengan fitur hazard seperti motor-motor baru lainnya. Menariknya, Volta 401 dilengkapi dengan pembalik dinamo yang berfungsi untuk kendaraan berjalan mundur.
volta skuter listrik
Urusan pengereman, Volta 401 sudah menggunakan rem cakram baik di depan maupun belakang. Sementara bannya menggunakan diameter 12 inci yang sama dengan Honda Scoopy generasi terbaru.

Volta 401 menggunakan motor listrik 1.500 W yang membuatnya bisa mendorong kendaraan hingga laju 55 km/jam. Sementara baterainya lithium ion dengan daya 60 V 20 Ah yang menjamin kendaraan bisa menempuh jarak 50 km, dalam keadaan penuh.

Sedangkan untuk pengisian ulang kembali, baterai ini membutuhkan waktu 6 – 8 jam dari kondisi kosong. Meskipun motor ini berbodi kecil, namun diklaim mampu mengangkut bobot hingga 200 kg. Menariknya lagi Volta 401 sudah bisa dijual secara resmi, artinya konsumen bisa memiliki STNK (Surat tanda Nomor Kendaraan) mulai Februari 2021.

Volta 401 dipasarkan dengan banderol Rp 18 jutaan. Selain itu, mereka juga menawarkan Volta 100 yang dijual dengan harga Rp 5.190.000 dan 501 Cabin Rp 29 jutaan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar