Volkswagen Kembangkan Mobil untuk Pengemudi Berkacamata

Berita Otomotif

Volkswagen Kembangkan Mobil untuk Pengemudi Berkacamata

WOLFSBURG - Volkswagen mengembangkan kaca khusus yang dirancang agar pengemudi berkacamata bisa tetap melihat dengan baik saat berkendara, meski tidak menggunakan kacamata.

Teknologi ini disebut dengan OOPS - Optimized Optical Personal Screen. Dengan ini maka kaca yang digunakan untuk jendela kendaraan bisa dibuat dengan ketebalan dan potongan khusus sehingga cocok untuk mereka yang mengalami gangguan pengelihatan.

Volkswagen menegaskan bahwa teknologi ini cocok untuk mereka yang memiliki gangguan pengelihatan dari -10 hingga +10. Namun teknologi ini memang masih jauh dari kata sempurna sehingga masih perlu lebih banyak pengembangan.

Agar dapat berfungsi dengan baik, OOPS mengharuskan pengemudi dan penumpang agar tidak banyak bergerak saat perjalanan. Hal ini untuk menjaga jarak optimal antara mata dan lensa di kaca depan. Kondisi tersebut terbilang agar rumit sehingga kemungkinan pengemudi nantinya akan mendapat fitur khusus untuk meningkatkan kestabilan kursi.

“Kami telah melakukan banyak pengujian dan ini tidak mudah. Banyak kaca yang pecah untuk bisa memenuhi kebutuhan. Tapi pada akhirnya, kami berhasil menemukan formula yang tepat,” tutur Waldemar Hauptek, Kepala Teknisi dari program ini.

Volkswagen mengklaim OOPS dapat mengakhiri masalah pengelihatan selama mengemudi, tapi mungkin biaya ekstra yang harus dibayar terbilang cukup tinggi. Namun Vokswagen menegeskan bahwa teknologi ini bisa meningkatkan pengalaman berkendara yang lebih baik dibanding sebelumnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support