Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

VW Bajak Bos Apple yang Ahli Mobil Listrik, Mobil Otonom dan F1

Berita Otomotif

VW Bajak Bos Apple yang Ahli Mobil Listrik, Mobil Otonom dan F1

FRANKFURT – Volkswagen (VW) Group ‘membajak’ bos Apple yang memiliki pengalaman mengembangkan teknologi mobil otonom, mobil listrik, serta mobil Formula One (F1).

VW, seperti diwartakan  Automotive News pada Kamis (10/1/2019), mendaulat Alexander Hitzinger, 47, untuk duduk di kursi eksekutif. Posisinya adalah Head of Autonomy and Mobility as a Service (MaaS), juga Member of the Executive Board Responsible for Research and Development.

Lingkup kerjanya cukup luas. Pertama, ia bertanggungjawab atas pengembangan teknis untuk divisi kendaraan komersial VW.

Di level group, Hitzinger dibebankan misi mengembangkan mobil-mobil otonom plus mempersiapkan pabrikan asal Jerman tersebut menghadapi era ‘Mobility as a Service’ (MaaS). MaaS sendiri merupakan masa di mana mobil bergeser dari sebuah properti pribadi menjadi layanan transportasi sewaan untuk publik.

Sebenarnya VW dan Hitzinger sudah 'saling mengenal'. Pasalnya, lelaki kelahiran 23 Oktober 1971 tersebut pernah bekerja di Porsche, pabrikan mobil sport yang berada di bawah naungan VW Group, pada 2011 – 2016.

Sebelum itu, pria asal Passau, Jerman tersebut menggeluti ajang balap Formula One dengan menjabat sebagai Head of Advance Technologies di Red Bull Technology pada 2006 - 2011.

Adapun tempat bekerja terakhir Hitzinger sebelum kembali ke VW Group adalah Apple. Di sana, ia mengurusi pengembangan mobil listrik serta mobil otonom Apple yang diberi nama ‘Proyek Titan’.

Meski sudah pindah perusahaan, bisa jadi Hitzinger nantinya juga menjadi ‘jembatan’ antara VW dengan Apple. Ini karena kedua korporasi saat ini sedang berkolaborasi dalam sebuah proyek mobil otonom VW T6 Transporter yang akan digunakan sebagai shuttle bagi para karyawan Apple. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang