VW Bajak Bos Apple yang Ahli Mobil Listrik, Mobil Otonom dan F1

Berita Otomotif

VW Bajak Bos Apple yang Ahli Mobil Listrik, Mobil Otonom dan F1

FRANKFURT – Volkswagen (VW) Group ‘membajak’ bos Apple yang memiliki pengalaman mengembangkan teknologi mobil otonom, mobil listrik, serta mobil Formula One (F1).

VW, seperti diwartakan  Automotive News pada Kamis (10/1/2019), mendaulat Alexander Hitzinger, 47, untuk duduk di kursi eksekutif. Posisinya adalah Head of Autonomy and Mobility as a Service (MaaS), juga Member of the Executive Board Responsible for Research and Development.

Lingkup kerjanya cukup luas. Pertama, ia bertanggungjawab atas pengembangan teknis untuk divisi kendaraan komersial VW.

Di level group, Hitzinger dibebankan misi mengembangkan mobil-mobil otonom plus mempersiapkan pabrikan asal Jerman tersebut menghadapi era ‘Mobility as a Service’ (MaaS). MaaS sendiri merupakan masa di mana mobil bergeser dari sebuah properti pribadi menjadi layanan transportasi sewaan untuk publik.

Sebenarnya VW dan Hitzinger sudah 'saling mengenal'. Pasalnya, lelaki kelahiran 23 Oktober 1971 tersebut pernah bekerja di Porsche, pabrikan mobil sport yang berada di bawah naungan VW Group, pada 2011 – 2016.

Sebelum itu, pria asal Passau, Jerman tersebut menggeluti ajang balap Formula One dengan menjabat sebagai Head of Advance Technologies di Red Bull Technology pada 2006 - 2011.

Adapun tempat bekerja terakhir Hitzinger sebelum kembali ke VW Group adalah Apple. Di sana, ia mengurusi pengembangan mobil listrik serta mobil otonom Apple yang diberi nama ‘Proyek Titan’.

Meski sudah pindah perusahaan, bisa jadi Hitzinger nantinya juga menjadi ‘jembatan’ antara VW dengan Apple. Ini karena kedua korporasi saat ini sedang berkolaborasi dalam sebuah proyek mobil otonom VW T6 Transporter yang akan digunakan sebagai shuttle bagi para karyawan Apple. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support