VW Polo GTI R5 untuk World Rally Championship

Berita Otomotif

VW Polo GTI R5 untuk World Rally Championship

WOLFSBURG – VW Polo GTI R5 disiapkan untuk World Rally Championship (WRC) Divisi 2 musim depan.

Gelagat Volkswagen untuk terus berkiprah di kejuaraan reli dunia semakin jelas terlihat, berkat munculnya gambar sketsa Polo GTI R5. Dengan menggunakan basis Polo generasi keenam, mobil ini sejatinya akan mulai ditawarkan mulai tahun depan.

VW mengumumkan pengunduran dirinya di kejuaraan WRC mulai tahun depan. Namun mereka tidak hengkang sepenuhnya dari ajang balap mobil tersebut. Pabrikan asal Jerman ini bermaksud untuk mendukung tim-tim divisi 2 WRC dan privateer.

Pemberian nama GTI R5 sendiri sebagai kelanjutan VW di ajang motorsport. Sebelumnya mereka menyediakan Golf GTI TCR untuk tim-tim non pabrikan. Sementara Polo terbaru mereka sudah mulai dipasarkan sejak pertengahan 2017.

Pihak VW mengatakan bahwa Polo GTI R5 dikerjakan oleh tim yang sama dengan Golf GTI WRC. Proyek tersebut dipimpin oleh Francois-Xavier Demasion selaku Direktur Volkswagen Motorsport technical.

Di balik kap mesin VW Polo GTI R5 terdapat mesin 1.6-liter empat-silinder turbocharged. Sumber tenaga kendaraan ini diyakini, dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 266 hp. Mesin tersebut disalurkan keempat roda melalui girbok manual lima-percepatan.

Hingga berita ini dimuat, VW belum mengeluarkan gambar atau wujud asli dari Polo GTI R5 mereka. Namun berdasarkan sketsa yang tersebar, paras hatchback tersebut sangat menggoda bagi para pelaku balap reli dunia tersebut.

Pihak VW belum merilis harga dari Polo GTI R5 mereka. Namun jika merujuk aturan grup R5 WRC, mobil ini harusnya dilego tidak lebih dari Rp 2,8 milar. [Dew/Ikh]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual