Virus Corona Pukul Industri Otomotif Global

Berita Otomotif

Virus Corona Pukul Industri Otomotif Global

WUHAN – Virus Corona dipastikan akan memberi dampak jangka panjang terhadap pasar otomotif secara global.

Dilansir dari Carscoops, penjualan mobil di Cina telah mengalami penurunan selama dua tahun terakhir. Hal ini disebabkan ekonomi yang melambat dan hilangnya insentif pajak untuk mobil listrik di negeri tersebut.

Kondisi tersebut kini diperparah karena adanya virus corona yang membuat banyak pabrik otomotif diperintahkan untuk tutup. Keputusan tersebut terpaksa dilakukan oleh Pemerintah Cina guna mengatasi masalah penyebaran virus Corona.

S&P Global Ratings pun yakin bajwa dengan adanya keputusan ini akan membuat produksi kendaraan di seluruh Asia menurun sebesar 15 persen di kuartal pertama. Perusahaan yang memiliki pabrik di kawasan Wuhan, pusat dari virus Corona adalah GM, Nissan, Renault, Honda dan PSA Group memiliki 9 persen dari total produksi otomotif Cina.

Volkswagen juga berisiko karena mengoperasikan 24 pabrik mobil dan sparepart di Cina yang digunakan tidak kurang daro 40 persen pabrik global. Untuk saat ini, mereka mengatakan belum ada pengubahan rencana terkait pengiriman barang pada konsumen dan masih bisa mengatasi permasalahan ini.

Bila krisis berlanjut, maka kemungkinan rusaknya rantai pasokan mobil global akan semakin besar. Pasalnya pemasok otomotif besar seperti Bosch, Schaeffler, ZF Friedrichshafen, Faurecia dan Valeo memiliki operasi yang penting di Cina. Hyundai bahkan telah melakukan kebijakan besar dengan menunda produksi kendaraannya di pabrik Korea Selatan karena virus Corona telah mempengaruhi pasokan suku cadangnya dari Cina.

“Bahkan industry yang tampaknya bernilai kecil hamper pasti akan bergantung pada Cina. Ini akan membuat hambatan dalam proses produksi keseluruhan,” terang Simon MacAdam, Ekonom Global dari Capital Economics. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support