CX-30 Menjadi SUV Termurah Kedua Mazda di Indonesia, Ini Harganya

Berita Otomotif

CX-30 Menjadi SUV Termurah Kedua Mazda di Indonesia, Ini Harganya

JAKARTA – Mazda CX-30 resmi mengaspal di Indonesia dengan pemosisian harga persis di atas SUV termurah mereka saat ini, CX-3.

CX-30 meluncur di Tanah Air hampir setahun setelah debut globalnya. Sekadar mengingatkan, penampilan perdananya di depan publik dunia terjadi dalam Geneva Motor Show pada Maret 2019.

Hanya ada dua tipe bertransmisi otomatis yang dipasarkan di Nusantara. Pertama adalah Touring (Rp 478.800.000 on-the-road Jakarta) serta GT (Rp 518.800.000).

“Kalau melihat dari harganya, CX-30 di bawah CX-5 dan di atas CX-3. SUV kami dimulai dari CX-3, lalu CX-30, dilanjutkan dengan CX-8 dan CX-9,” kata Ricky Thio, Managing Director PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) dalam seremoni peluncuran pada Selasa (28/1/2020) di Plaza Indonesia, Jakarta.

Terdapat empat warna yang dapat dipilih oleh konsumen. Warna standar adalah Snowflake White Pearl Mica serta Jet Black Mica, sedangkan warna ‘jagoannya’ ialah Soul Red Crystal Metallic plus Machine Grey Metallic.

“Untuk warna-warna premium, dikenakan biaya tambahan Rp 4 juta,” ucap Kenny Wala, Product Planner EMI.

Desain, Mesin dan Fitur
Kenny menjelaskan bahwa desain CX-30 dibuat dengan konsep Slick and Bold. Desainer melakukan ‘permainan’ antara cahaya dan bayangan pada bodi sehingga terlihat indah.

Garis-garis bodi dengan dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, serta tinggi 1.540 mm terlihat amat mengalir dari depan ke belakang serta kompak. Namun, diberikan over fender yang kekar sehingga muncul kesan yang kontras dari sisi samping.

Untuk kenyamanan penumpang di dalam kabin, CX-30 diklaim menggunakan material berkualitas tinggi dengan sistem peredaman suara baik. Ada pula Mazda Harmonic Acoustic berbekal delapan pengeras suara yang dipasang di sekeliling kabin.

Tipe Touring masih menggunakan jok dari material fabric berwarna hitam dengan trim interior biru. Adapun tipe GT berbalut material kulit serta trim interior coklat.

Sistem penggerak CX-30 mengandalkan mesin bensin SKYACTIV – G 2.0-liter bertenaga 153 hp dengan torsi 200 Nm yang diklaim sudah amat mumpuni dengan bodi ringkasnya. Transmisinya menggunakan girboks otomatis 6-percepatan.

“Dimensinya kompak sehingga sangat cocok dikendarai di perkotaan padat dan sempit. Tapi hal ini dipadukan dengan ground clearance 180 mm yang memungkinkan juga penggunaan di jalan-jalan lebih kasar,” lanjut Kenny.

Adapun kapasitas bagasinya adalah 430 liter (termasuk bagian sub-bagasi). Ini cukup untuk menampung kereta bayi besar ditambah dua koper ukuran menengah.

Fitur-fitur standar CX-30 antara lain layar sentuh 8,8 inchi dengan Mazda Connect, i-Stop Idling Stop System, airbag di sisi depan, samping, dan lutut pengemudi, sistem pengereman ABS+EBD, BA, Dynamic Stability Control, Traction Control System, Hill Launch Assist, G-Vectoring Control Plus, Front and Rear Parking Sensors. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar