Video Legenda Reli Paris-Dakar Jajal Xpander Terbaru di Beragam Rintangan

Berita Otomotif

Video Legenda Reli Paris-Dakar Jajal Xpander Terbaru di Beragam Rintangan

JAKARTA – Juara Reli Paris-Dakar 2002 dan 2003 Hiroshi Masuoka mengetes Mitsubishi Xpander facelift melewati lima rintangan.

Seperti diketahui, Xpander facelift resmi mengaspal di Indonesia pada 8 November 2021, bersamaan dengan ‘saudaranya’ Xpander Cross facelift. Adapun harga Xpander facelift ialah Rp249,93-299,77 juta on the road (OTR) Jakarta.

Mitsubishi lalu mendaulat legenda Reli Paris-Dakar Hiroshi Masuoka menjajal Xpander facelift. Videonya diunggah akun YouTube Mitsubishi Motors Indonesia tak lama setelah peluncuran.

Dalam video berdurasi 5 menit 19 detik itu, Masuoka mengemudikan Xpander facelift di atas gundukan besar, rintangan cambering, rintangan mogul driving, simulasi kondisi terjebak, maupun simulasi tanjakan curam.

Pada rintangan pembuka, Xpander facelift terlihat mampu melewati gundukan setinggi 1 meter dengan mudah. Ini, menurut Mitsubishi melalui keterangan resmi pada Jumat (3/12/2021), berkat approach angle maupun departure angle yang cukup di bawah bumper depan serta belakang, ditambah ground clearance setinggi 220 mm.

Di rintangan cambering, Xpander facelift dikemudikan dalam posisi miring ke samping. Saat kondisi satu ban mengambang dari tanah, rigiditas struktur bodinya yang tinggi disebut memberikan stabilitas serta handling dan di permukaan jalan sangat tidak stabil pun ketiga rodanya kuat mencengkeram permukaan.

Pada tantangan ketiga bernama mogul driving, model di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini melaju di atas permukaan yang amat tidak rata. Meski ayunan suspensi Xpander terkini membuat roda berayun secara vertikal—ke atas dan ke bawah—bodi tidak terlalu miring ke kedua sisi sehingga mengurangi potensi penumpang merasakan mabuk darat dalam perjalanan di medan berkondisi kurang baik.

Mitsubishi Xpander 2022

Selanjutnya, Xpander facelift dikondisikan dalam situasi seolah-olah terjebak. Ban depan diposisikan pada roller untuk menyimulasikan ban selip di gundukan atau lumpur dalam.

Sistem pengendalian traksi yang dilakukan secara elektronis menghentikan ban selip, sehingga mobil dapat lolos.

Terakhir, Xpander facelift dihadapkan pada tanjakan curam. Terlihat ban depan mencengkeram kokoh permukaan dan tetap melaju tanpa ada selip pada ban.

Mitsubishi Xpander 2022

Transmisi CVT yang baru diklaim dapat menyalurkan tenaga dan torsi ke roda-roda maupun permukaan jalan dengan baik, bahkan dalam kondisi kemiringan curam.

“Secara mudah dapat dijelaskan bahwa New Xpander merupakan sebuah mobil yang dapat dikendarai dengan nyaman dan aman pada berbagai kondisi jalan, dari jalanan aspal yang rata, hingga jalanan dengan permukan yang kasar,” ujar Masuoka. [Xan/Ses]

Temukan mobil impian Anda di sini



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar