Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Varian Termurah 3 Mobil Listrik BYD Menyusul! Harga Dolphin Bisa di Bawah Rp400 Juta?

Mobil Listrik

Varian Termurah 3 Mobil Listrik BYD Menyusul! Harga Dolphin Bisa di Bawah Rp400 Juta?

JAKARTA – BYD belum membeberkan harga varian termurah dari tiga mobil listrik pertama mereka di Indonesia yakni Dolphin, Atto 3, dan Seal.

BYD tampil perdana dalam pameran otomotif besar di Tanah Air, melalui Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 15-25 Februari kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada waktu bersamaan, BYD juga mengumumkan harga on the road (OTR) Jakarta Dolphin, Atto 3, dan Seal. Dolphin varian Premium (490 km) dibanderol Rp425 juta dan Atto 3 varian Superior (480 km) Rp515 juta, sedangkan Seal varian Premium (640 km) dan varian Performance AWD (580 km) masing-masing Rp629 juta serta Rp719 juta.

Akan tetapi, dalam peluncuran merek pada 18 Januari 2024, BYD sempat mengatakan bahwa Dolphin maupun Atto 3 akan dipasarkan dalam dua varian, sedangkan Seal dalam tiga varian. Lantas, ke mana varian-varian yang lain?

BYD Atto 3

Head of Marketing and Communication PT BYD Motor Indonesia (BMI) Luther T Panjaitan mengakui bahwa varian termurah dari tiga mobil listrik pertama mereka masih ‘disimpan’. Pasalnya, BYD merasa lebih baik berkonsentrasi pada varian atas terlebih dahulu.

“Kami mengerti betul bahwa memberikan varian komplet itu salah satu keunggulan kompetitif. Tapi, kami juga menegerti betul dalam tahap awal ini sebenarnya permintaannya lebih banyak ke varian-varian level atas. Itu terbukti dari prebooking. Setelah kami gelar datanya, ternyata intensinya di varian-varian atas,” papar dia ketika diwawancarai di sela-sela IIMS 2024.

Menurut Luther, ‘derasnya’ permintaan pada varian atas Dolphin, Atto 3, dan Seal harus dibarengi dengan suplai yang lancar. Oleh karena itu, mereka memfokuskan impor utuh (completely built up/CBU) pada sektor itu terlebih dahulu.

Sayang, dia menolak memberitahukan jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang sudah terkumpul untuk ketiga mobil listrik BYD tersebut.

BYD Seal

Luther menjanjikan bahwa varian termurah dari Dolphin, Atto 3, maupun Seal akan menyusul dalam waktu yang tak terlalu lama. Ketika permintaan dari pasar sudah mengarah ke varian yang lebih terjangkau, BYD pasti akan menghadirkannya.

BYD, lanjutnya, dalam waktu bersamaan juga memantau dan meriset harga final yang paling pas.

“Kami juga mau dapat saran dan masukan kira-kira di level harga berapa varian yang bawah itu bisa diserap oleh masyarakat atau public, dengan kondisi mungkin ada sedikit perbedaan dari sisi range. Dari fiturnya, sih, tidak ada perbedaan signifikan,” tutup dia. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang