Ford Sulap Ampas Biji Kopi McDonald's jadi Bahan Baku Komponen

Berita Otomotif

Ford Sulap Ampas Biji Kopi McDonald's jadi Bahan Baku Komponen

DETROIT – Sebuah kerja sama unik terjadi antara dua perusahaan dari dua industri yang amat jauh berseberangan yaitu makanan dan otomotif.

Aktor dari industri makanan dalam kolaborasi itu adalah McDonald’s. Dari sektor otomotif, ada Ford.

McDonald’s akhir pekan ini dikabarkan akan menyuplai ampas biji kopi kepada Ford. Sampah dari industri makanan ini bakal dipakai sebagai bahan baku komponen kendaraan produksi pabrikan asal Amerika Serikat tersebut. Adapun komponennya adalah headlight housing (rumah lampu).

Ini dilakukan demi membuat komponen-komponen Ford lebih ringan, lebih ramah lingkungan, sembari mengurangi limbah. Untuk saat ini, model yang menggunakan rumah lampu dari ampas biji kopi McDonald’s adalah Lincoln Continental.

Ford berencana menggunakan bahan baku komposit untuk komponen-komponen mereka di berbagai model. Salah satunya, yang sudah diketahui, ialah muscle car Mustang.

McDonald’s mengatakan kerja sama dengan Ford berdampak besar bagi pengelolaan limbah mereka. Porsi ampas biji kopi yang mereka kirim ke Ford mereka sebut signifikan, bahkan dalam lingkup aktivitas operasional di Amerika Utara.

Debie Mielewski, Senior Technical Leader of Sustainability and Emerging Materials Research Team Ford, memuji komitmen McDonald’s terhadap inovasi. Ia mengatakan levelnya menandingi visi masa depan Ford terhadap lingkungan.

“Ini telah menjadi prioritas Ford selama lebih dari 20 tahun dan ini adalah contoh dari mendobrak sistem yang tertutup karena pihak-pihak dari industri berbeda bekerja bersama serta bertukar material yang bisa dikategorikan sebagai sampah,” tukasnya.

Ford memang punya rekam jejak panjang menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan dalam memproduksi kendaraan bahkan sejak masa-masa awal berdiri. Sebagai contoh, pendiri perusahaan, Hendry Ford, menggunakan plastik berbahan dasar kedelai dalam produk Ford.

Di masa-masa terkini, Ford menggunakan pohon agave, dandelion, kulit tomat, uang yang terkoyak. Banyak di antara bahan baku itu yang berasal dari partner lintas industri semisal Jose Cuervo, Coca-Cola, Nike. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support