Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ulasan Mitsubishi Xpander 2022, Fitur, Mesin, Eksterior, Interior, & Harga

Berita Otomotif

Ulasan Mitsubishi Xpander 2022, Fitur, Mesin, Eksterior, Interior, & Harga

Mitsubishi Xpander 2022 punya tampilan eksterior dan interior yang lebih segar, ditambah fitur, suspensi serta transmisi baru membuatnya semakin memesona. 

PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terakhir kali melakukan penyegaran terhadap Xpander pada November 2021. Mobil keluarga ini ditawarkan dalam empat pilihan tipe, yakni GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate.

Tiap tipe memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis jenis CVT, kecuali Ultimate hanya ada transmisi otomatis CVT saja.

Harga yang ditawarkan untuk masing-masing tipe bervariasi dari Rp253 jutaan sampai Rp300 jutaan.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Mitsubishi Xpander terbaru, berikut ulasan singkat mengenai fitur, eksterior, interior, mesin, dan rincian harga dari seluruh tipenya.

Fitur

Secara umum Mitsubishi Xpander model 2022 telah dilengkapi dengan sejumlah fitur terkini. Ada Auto Stop & Go yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan mesin ketika kendaraan dalam keadaan berhenti, seperti di lampu merah atau di tengah kemacetan. Fitur ini dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar saat berkendara.

Berikutnya Auto Lock, fitur ini berfungsi mengunci semua pintu secara otomatis ketika kendaraan sudah berjalan di atas 15 km/jam. Fitur tersebut dipadankan dengan Auto Unlock yang memiliki fungsi membuka kunci pintu saat tuas transmisi dipindahkan ke posisi P.

Khusus tipe Sport dan Ultimate mendapatkan pengaturan AC digital.

Selain itu ada Follow me home, fitur yang menghidupkan lampu utama selama berapa detik ketika mesin mobil sudah dimatikan, sehingga bisa memberikan penerangan saat berada di dalam garasi yang minim cahaya.

Fitur Keselamatan

Selain airbag dan sabuk pengaman, seluruh tipe Mitsubishi Xpander 2022 juga mendapat fitur keselamatan terkini, seperti ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, dan Hill Start Assist.

Khusus tipe Sport dan Ultimate ada tambahan fitur keselamatan berupa New Electric Parking Brake. Untuk penggunaanya hanya perlu menarik tombol saja supaya rem aktif, sedangkan untuk menonaktifkannya cukup menginjak pedal rem dan menekan tombol. Selain itu, dapat nonaktif otomatis jika pengemudi maupun penumpang sudah memakai seat belt lalu memasukan gigi dan injak pedal gas.

Fitur ini akan otomatis aktif lagi setiap kali pengemudi memindahkan transmisi ke posisi P sehingga tidak perlu menekan berkali-kali.

Selain itu ada juga Brake Auto Hold (BAH). Fitur Ini berfungsi untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti, sehingga pengemudi tidak perlu menginjak pedal rem secara terus menerus.

Mesin

Xpander keluaran terbaru masih menggunakan mesin 1.5 liter dengan tenaga 103 hp dan torsi 141 Nm.

Pilihan transmisinya manual 5 percepatan dan otomatis jenis CVT menggantikan transmisi otomatis konvensional yang terpasang di model terdahulu.

Detail Mesin Mitsubishi Xpander Facelift 2022

Konfigurasi mesin

4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve

Isi silinder

1499 cc

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

45 liter

Konfigurasi Transmisi

Automatic CVT 4 Speed / Manual 5 Speed

Tipe drive

Front wheel drive

Jenis bahan bakar

Bensin

Tenaga

77 Kw(105 Ps) / 6000 Rpm

Torsi

141 Nm / 4000 Rpm

Eksterior

Beralih ke eksterior, mobil yang bermain di segmen low MPV ini punya panjang bodi nyaris 4,6 meter. 

Sementara wheelbasenya tidak berubah, tetapi jika diperhatikan Xpander dari awal sudah memiliki wheelbase yang lebih panjang dibanding Kijang Innova generasi kedua dan Wuling Cortez.
 

Desain yang sekarang lebih mengotak dibanding sebelumnya yang lancip-lancip. Mirip dengan Mitsubishi Outlander baru yang sudah meluncur di pasar global, di bagian depannya berubah total, grillnya sekarang jadi lebih tebal dan dibuat langsung nyambung ke radiator grill tetap menyambung ke lampu di bagian atas.

Panel chrome khas Dynamic Shield yang membentuk huruf X besar itu juga sekarang makin tebal dengan grill honeycomb kecil ditengahnya dan panel mengitari housing lampu kabut di bawah juga bikin bumper bawahnya lebih berisi.

Penerapan desain lampu utama T-shape menggunakan tiga projector besar yang menjadi pembeda dengan model sebelumnya.

Di bagian sampingnya meskipun sekilas kelihatannya hanya penggantian desain velg saja tetapi sebenarnya dari sini perubahan dimensinya tadi paling terlihat overhang depan bertambah 7,5 cm dan overhang belakangan bertambah 4,5 cm. 

Jarak bodinya dari tanah juga bertambah drastis karena suspensi baru dan velg 17 inci barunya itu, sekarang ground clearance jadi 220 mm di kebanyakan varian dan 225 mm di Exceed manual dan GLS manual.

Di bagian belakangnya menggunakan desain lebih mengotak seperti bagian depannya, reflektor yang dulu horizontal sekarang dibuat vertikal dan panel tambahan di paling bawah juga dipisah garis hitam kecil yang sekaligus jadi dudukan sensor parkir.

Lampu belakang juga dapat sentuhan seperti di depannya T-Shape berupa huruf T menyamping. Hampir semua lampu di bagian belakang menggunakan LED kecuali lampu sein masih menggunakan halogen.

Detail Dimensi Mitsubishi Xpander Facelift 2022

Panjang

4595 mm

Lebar

1750 mm

Tinggi

1750 mm

Jarak sumbu roda

2775 mm

Radius Putar

5.2 m

Jarak terendah

220 mm

Pilihan warna eksterior untuk tipe GLS dan Exceed ada tiga yaitu Putih, Hitam dan Silver, sedangkan tipe Sport dan Ultimate ada tambahan tiga lagi yaitu Coklat, Merah dan Abu-abu.

Interior

Interior Mitsubishi Xpander 2022 kini tampil lebih mewah. Menggunakan desain yang terinspirasi dari Outlander baru yang memakai garis tegas memanjang yang disebut Horizontal Axis Design sekilas terlihat seperti tembok vertikal.

Kemudian penggunaan head unit floating di tengahnya yang memberikan kesan premium dan material disekitarnya yang dilapisi bahan kulit serta aksen panel kayu.

Head unit layar sentuh 8 inci ini dapat terkoneksi dengan smartphone menggunakan kabel yang dihubungkan pada slot usb yang berada dibawahnya. 

Konsol tengahnya dibuat lebih rapi karena penggunaan rem parkir elektrik sehingga membuat tambahan tempat penyimpanan dibagian tengahnya.

Pada bagian kemudi juga mendapat penyegaran menggunakan desain yang agak mirip dengan kemudi Lancer.Evo generasi terakhir. Dilapis bahan kulit yang membuat lebih lembut serta terdapat beberapa tombol pengaturan audio di sebelah kiri dan pengaturan cruise control di kanan.

Warna interior beige dan hitam hanya ada pada tipe Ultimate sedangkan untuk interior berwarna gelap hadir pada tipe Sport sama seperti sebelumnya.

Jok pada tipe Ultimate sampai Exceed tetap pakai bahan kain yang super lembut bermotif diamond di tengah-tengahnya.

Suspensi

Suspensi dan shock absorber diperbarui, sehingga menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk pengendaraan yang lebih stabil di jalan yang kasar. 

Suspensi yang digunakan memiliki diameter lebih besar dari model sebelumnya dan setara dengan milik Pajero Sport.

Harga & Varian

Mitsubishi Xpander 2022 memiliki empat tipe dan tujuh varian. Berikut detail harga on the road Jakartanya:

  • Xpander GLS MT Rp253.400.000
  • Xpander GLS CVT Rp262.600.000
  • Xpander Exceed MT Rp266.700.000
  • Xpander Exceed CVT Rp275.900.000
  • Xpander Sport MT Rp290.050.000
  • Xpander Sport CVT Rp304.700.000
  • Xpander Ultimate CVT Rp307.100.000. [Ryn/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang