Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ada Uji Coba Sistem 2-1 di Puncak dari Sabtu Siang Hingga Sore Ini

Panduan Pembeli

Ada Uji Coba Sistem 2-1 di Puncak dari Sabtu Siang Hingga Sore Ini

JAKARTA – Kepolisian akan mengujicoba sistem 2-1 di Puncak, Bogor pada Sabtu (7/12/2019) pagi hingga sore ini.

Sekadar mengingatkan, sistem 2-1 akan menjadi pengganti sistem buka-tutup di Puncak. Jika pada sistem buka-tutup arus hanya satu arah, pada sistem 2-1 jalan terbagi menjadi tiga jalur yang terdiri dari dua jalur naik menuju Puncak dan satu jalur turun.

Uji coba berlangsung pada akhir pekan ini yang kerap menjadi waktu utama warga Ibu Kota berlibur ke daerah dataran tinggi beriklim sejuk itu.

“Hari ini dilakukan uji coba sistem 2-1. Pagi one way dulu, siangnya baru dilaksanakan uji coba dari pukul 12.00-16.00 WIB,” kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fadli Amir, seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Dia menjelaskan arus satu arah akan dimulai sejak pukul 07.00-12.00 WIB. Penerapan sistem 2-1 baru terjadi pukul 12.00-16.00 WIB.

Lajur 1 rencananya diisi kendaraan ke arah Puncak (naik). Adapun lajur 2 dan lajur 3 akan diisi oleh kendaraan yang ke arah Gadog (turun).

Setelahnya, lalu lintas akan berlaku normal lagi untuk kedua arah. Fadli menambahkan sistem 2-1 hendak diterapkan untuk memberi aksesibilitas kepada masyarakat. Alasan uji coba pada Sabtu adalah karena karena banyak kendaraan dari Gadog menuju Puncak.

“Untuk memberikan aksesibilitas kepada masyarakat agar bisa menggunakan jalan. Perlu diingat, sistem 2-1 ini bukan untuk mengurangi kemacetan. Tapi untuk aksesibilitas,” tuturnya.

Sekitar 200 personel gabungan dan 1.000 traffic cone akan dipasang. Dia mengatakan, hasil uji coba sistem 2-1 pada Sabtu nanti akan dievaluasi.

Fadli belum menjelaskan kapan uji coba bakal digelar lagi. Sistem itu tidak diterapkan pada Minggu besok.

“Nggak ada uji coba sistem 2-1 di Minggu (8/12)-nya. Kita akan melakukan seperti biasa (one way). Setelah uji coba pada Sabtu nanti, akan ada anev dulu,” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri di Polres Bogor.. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang