Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

UD Trucks Ikut Uji Coba Solar B30

Berita Otomotif

UD Trucks Ikut Uji Coba Solar B30

JAKARTA - UD Trucks ikut serta dalam uji jalan (Road Test) B30 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

Uji Jalan ini bertujuan untuk memastikan bahwa B30 bisa digunakan di mesin diesel, performa mesin tetap baik dan biaya pemeliharaan tidak meningkat. Uji jalan ini sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak tanggal pada tanggal 20 Mei 2019 selama 149 hari dengan jarak tempuh 40,000 KM. Rute uji jalan ini meliputi Lembang, Karawang, Ciplai, Subang dan kembali lagi ke Lembang.

UD Trucks mendukung program pemerintah untuk B30 yang rencana akan diimplementasikan di tahun 2020. Kami mengharapkan juga ada konsistensi dalam hal standar mutu bahan bakar B30 di kedepannya. Kita masih menunggu hasil uji test ini, semoga positif,” ungkap Christine Arifin selaku Direktur Marketing dan Business Plan, UD Trucks Indonesia.

Sementara itu Kementerian ESDM berencana untuk mulai menerapkan kebijakan B30 di tahun 2020. Dengan adanya uji coba ini diharapkan masyarakat akan lebih mengerti terkait keuntungan penggunaan bahan bakar B30.

“Road test B30 ini bukan uji jalan saja tetapi juga mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar B30 performa termasuk akselerasi kendaraan tidak turun dan perawatannya tidak memakan biaya tambahan yang besar,” jelas Ignasius Jonan, Menteri ESDM

Dalam uji coba ini, Pertamina pun menyediakan sedikitnya 66,5 KL produk solar B30. Dengan demikian diharapkan uji coba ini akan berjalan lancar tanpa ada kekhawatiran kekurangan bahan bakar di tengah pelaksanaannya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang