UD Trucks Ikut Uji Coba Solar B30

Berita Otomotif

UD Trucks Ikut Uji Coba Solar B30

JAKARTA - UD Trucks ikut serta dalam uji jalan (Road Test) B30 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

Uji Jalan ini bertujuan untuk memastikan bahwa B30 bisa digunakan di mesin diesel, performa mesin tetap baik dan biaya pemeliharaan tidak meningkat. Uji jalan ini sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak tanggal pada tanggal 20 Mei 2019 selama 149 hari dengan jarak tempuh 40,000 KM. Rute uji jalan ini meliputi Lembang, Karawang, Ciplai, Subang dan kembali lagi ke Lembang.

UD Trucks mendukung program pemerintah untuk B30 yang rencana akan diimplementasikan di tahun 2020. Kami mengharapkan juga ada konsistensi dalam hal standar mutu bahan bakar B30 di kedepannya. Kita masih menunggu hasil uji test ini, semoga positif,” ungkap Christine Arifin selaku Direktur Marketing dan Business Plan, UD Trucks Indonesia.

Sementara itu Kementerian ESDM berencana untuk mulai menerapkan kebijakan B30 di tahun 2020. Dengan adanya uji coba ini diharapkan masyarakat akan lebih mengerti terkait keuntungan penggunaan bahan bakar B30.

“Road test B30 ini bukan uji jalan saja tetapi juga mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar B30 performa termasuk akselerasi kendaraan tidak turun dan perawatannya tidak memakan biaya tambahan yang besar,” jelas Ignasius Jonan, Menteri ESDM

Dalam uji coba ini, Pertamina pun menyediakan sedikitnya 66,5 KL produk solar B30. Dengan demikian diharapkan uji coba ini akan berjalan lancar tanpa ada kekhawatiran kekurangan bahan bakar di tengah pelaksanaannya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support