Suzuki XL7 jadi Model Paling Banyak Diekspor, Geser Ertiga

Berita Otomotif

Suzuki XL7 jadi Model Paling Banyak Diekspor, Geser Ertiga

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) berhasil mengapalkan total sebanyak 5.030 unit mobil baik dalam bentuk utuh (Completely Built Up) maupun terurai (Completely Knock Down) pada bulan Juli 2020.

Jumlah tersebut meningkat hingga 329% bila dibandingkan sebelumnya. Peningkatan ini tidak lepas dari Suzuki XL7 yang telah dipasarkan ke beberapa negara dan menjadi penyumbang ekspor terbesar Suzuki di bulan Juli 2020.

“Volume ekspor bulan Juli meningkat signifikan jika dibanding Juni. Model-model yang berkontribusi besar terhadap peningkatan tersebut di antaranya adalah XL7 dan All New Ertiga. XL7 sendiri di bulan Juli ini menjadi model yang paling banyak dikapalkan,” ungkap Aris Yuliyantoro, Assistant Dept. Head Production Planning Control PT SIM.

Tercatat, Suzuki XL7 menyumbang sebanyak 2.694 unit atau setara dengan 54% terhadap total volume ekspor Suzuki. Kemudian disusul Suzuki Ertiga, yang diekspor sebanyak 1.871 unit atau 37%. Produk lain seperti Suzuki Carry dan Suzuki APV juga berkontribusi dalam kegiatan ekspor Suzuki. Sehingga secara total produk CBU yang diekspor menyentuh angka 4.322 unit dan CKD 708 unit.

Produk-produk tersebut banyak diekspor ke berbagai negara Asia maupun Amerika Latin, seperti Vietnam, Filipina, dan Mexico yang menjadi tiga negara pengimpor terbesar di samping Thailand, Taiwan, dan Myanmar. Hal ini memperlihatkan bahwa pasar otomotif dan ekonomi di negara lain juga berangsur pulih.

“Suzuki saat ini memang tengah memfokuskan diri pada produk-produk lokal, baik untuk pasar domestik maupun pasar mancanegara, seperti di kawasan Asia Tenggara, Amerika Latin, hingga Oseania. Upaya ini diharapkan mampu mendorong pemulihan berbagai industri pendukung, sehingga dapat membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian saat ini,” pungkas Aris.

Keunggulan Suzuki XL7

Secara umum, desain Suzuki XL7 terbilang gagah dengan adanya muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp with DRL dan roof rail. Mobil ini juga memiliki ground clearance setinggi 200 mm yang diyakini cukup untuk menjawab kebutuhan bertualang masyarakat.

Dari segi interior, Suzuki XL7 memiliki kabin nyaman dengan warna hitam yang sporty dan armrest pada baris pertama serta kedua. Selain itu, terdapat juga audio system touch screen 8 inch, carbon fibered pattern dashboard, ventilated cup holder, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modern.

Beragam fitur menarik juga sudah disematkan di Suzuki XL7 seperti smart e-mirror yang merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung, juga terdapat keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga.

Suzuki XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc dan dapat menghasilkan daya sebesar 103 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Daya tersebut dialirkan pada transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Guna meningkatkan keselamatan dalam berkendara, Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer. SUV ini juga berbasis platform HEARTECT yang membuat kendaraan jauh lebih ringan namun tetap kokoh. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar