Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tren Promo Garansi Baterai Seumur Hidup Mobil Listrik China, BYD Mau Ikutan?

Mobil Listrik

Tren Promo Garansi Baterai Seumur Hidup Mobil Listrik China, BYD Mau Ikutan?

BANDUNG – Program promosi berupa garansi baterai seumur hidup sedang menjadi tren di merek-merek mobil listrik China yang ‘bermain’ di Indonesia. Apakah BYD mau mengikuti tren tersebut?

Head of Product PT BYD Motor Indonesia Bobby Bharata menilai bahwa promo garansi baterai seumur hidup yang makin marak di merek-merek mobil listrik China merupakan trik pemasaran semata. Meski demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk melakukannya.

“Itu (promo garansi baterai seumur hidup), kan, gimik, ya. Kami belum tahu, sih (mengikuti atau tidak). Tidak menutup kemungkinan. Cuma, kita lihat, lah,” ucap dia di sela-sela Media Test Drive BYD Atto 3 pada 29-30 Januari 2024 di Bandung, Jawa Barat.

Wuling Binguo EV

Di Indonesia, promo garansi baterai mobil listrik seumur hidup untuk kuota atau pun periode tertentu pertama kali diperkenalkan oleh Wuling Binguo EV pada akhir 2023, dengan beberapa syarat serta ketentuan. Langkah ini lalu diikuti oleh Neta V.

Lebih lanjut, menurut Bobby, teknologi Blade Battery yang diusung BYD sudah memiliki usia pakai alias lifetime yang teruji. Menurut hasil pengetesan internal mereka, Blade Battery bisa digunakan hingga jarak tempuh jutaan kilometer (km).

“Kan, lifetime baterai kami juga sudah panjang. Kemarin (saat peluncuran merek pada 18 Januari 2024), sudah dibilang lifetime-nya sekitar 1,2 juta km,” tukasnya.

Merek mobil listrik yang berpusat di Shenzen, China ini sendiri sudah merilis tiga model mobil listrik di Indonesia, bersamaan dengan seremoni peluncuran merek. Selain Atto 3, terdapat pula BYD Dolphin serta BYD Seal.

Baik Atto 3, Dolphin, maupun Seal sama-sama telah menggunakan Blade Battery.

BYD Atto 3

Atto 3 dipasarkan dalam dua varian yakni Standard (jarak tempuh 410 km) dan Extended (480 km). Dolphin tersedia dalam dua varian yaitu Dynamic Standard (410 km) maupun Premium Extended (490 km).

Seal, di sisi lain, punya tiga varian bernama Dynamic (520 km), Premium (640 km), dan Performance (580 km).

Sayang, harga ketiga mobil listrik BYD ini belum masih diumumkan. BYD sendiri, pada Januari ini, sedang mempersiapkan pengoperasian tujuh dari target total 50 diler hingga akhir 2024.

BYD juga sudah mempersiapkan investasi setara sekitar Rp20 triliun untuk pembangunan pabrik mobil listrik di Indonesia. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang