Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive BYD Atto 3: Wajib Coba! Fitur Canggih, Performa di Tanjakan Luar Biasa

Review

Test Drive BYD Atto 3: Wajib Coba! Fitur Canggih, Performa di Tanjakan Luar Biasa

JAKARTA – Test drive alias uji kendara mobil listrik BYD Atto 3 menghasilkan impresi yang positif terkait fitur, kenyamanan, dan performa. Bahkan, tanjakan-tanjakan curam menjadi seakan biasa saja saat mengendarai Atto 3.

Mobil123.com menjajal Atto 3 dalam Media Test Drive yang BYD selenggarakan pada 29-30 Januari 2024, dengan rute Jakarta-Bandung. Varian yang disediakan ialah Extended, dengan jarak tempuh maksimal 480 km.

Atto 3 sendiri tersedia dalam dua varian di pasar Indonesia. Satu varian lagi bernama Standard, dengan jarak tempuh 410 km. Sayang, harga mobil listrik yang meluncur pada 18 Januari 2024 ini belum diungkap oleh BYD, meskipun pemesanan resminya sudah dibuka sejak tanggal tersebut.

BYD Atto 3

Test drive Atto 3 sendiri menempuh jarak 177,4 km. Unit dibawa melaju di tol, perkotaan Bandung, hingga perbukitan dengan tanjakan-tanjakan tajam di sekitar area Ciburial.

Berikut ulasan lengkap dari test drive Atto 3, mobil listrik berjenis crossover dari BYD.

Desain Eksterior dan Interior

Desain eksterior dan interior Atto 3 punya konsep yang sangat kontras.

Tampilan luarnya relatif simpel dan minimalis, dengan konsep ‘One-piece Through Lead’ di depan-belakang ditambah garis-garis bodi yang berkesan dinamis serta bertenaga.

test drive BYD Atto 3

Satu aksen agak bertekstur pada eksterior hanya terlihat pada desain pilar D yang yang terinspirasi dari sirip ikan.

Sebaliknya, interior Atto 3 penuh kontur dan tekstur. Dasbornya berkonsep ‘Muscle Streamline’ yang terinspirasi dari otot-otot manusia.

Lalu, bentuk transmisi, kisi-kisi AC, dan gagang bukaan pintu terinspirasi dari dumbbell.

test drive BYD Atto 3

Bentuk armrest pengemudi terinsipirasi dari treadmill, pegangan pintu depan-belakang berkonsep ‘grip-style’, jok depan berdesain semi-bucket dengan headrest menyatu yang terinspirasi dari kenyamanan kursi gaming, plus setir model sport yang rata bawah.

Material soft touch tersebar di berbagai sisi kabin Atto 3. Pada bagian pintu, ada tahanan bottle holder berupa tiga utas tali yang menyerupai senar.

Catatan untuk sektor interior Atto 3 hanya kombinasi warna yang mungkin berkesan terlalu ramai bagi sebagian orang. Ini masih ditambah lagi dengan Multi-color Rhythmic Ambient Light yang kelap-kelip.

Fitur Kenyamanan, Keselamatan Melimpah dan Canggih

Fitur yang berlimpah, mewah, serta canggih adalah salah satu kekuatan utama Atto 3.

Suguhannya antara lain ialah NFC Card Key, Keyless Entry and Keyless Start/Stop Button, Panoramic Sunroof with Electric Slide and Anti-trap, Head Unit Intelligent Rotating Toucscreen 15,6 Inch with Wireless Andoid Auto, 5 Inch Digital instrument Panel, Wireless Charging, Intelligent Voice Command, 360 View Monitor, Vehicle to Load, Regenerative Braking, 3 Drive Mode (Eco, Normal, Sport), ISOFIX.

Head Unit superbesar dengan Wireless Android Auto sangat membantu pengemudi ketika bernavigasi sepanjang perjalanan. Hiburan pun tersedia karena bisa memainkan Spotify.

test drive BYD Atto 3

Atto 3 juga masih memiliki 7 Airbags, Electric Parking Brake, Auto Vehicle Hold, sistem pengereman ABS+EBD, Electronic Stability Control, Traction Control, Hill Descent Control, Tyre Pressure Monitoring System.

Belum cukup sampai di situ, Atto 3 juga diberkahi teknologi pengemudian semi-otonom alias ADAS (Advanced Drive Assistant System). Fitur-fitur di dalamnya ialah Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking Sytem, Blind Spot Detection, Door Open Warning, Rear Cross Traffic Alert, Rear Cross Traffic Brake, Lane Departure Warning, Lane Change Collision Warning.

Gilanya, hampir semua fitur yang disebutkan di atas merupakan kelengkapan standar dari Atto 3.

Jarak Tempuh dan Performa

Keunggulan lain dari Atto 3 yang dirasakan selama test drive ialah jarak tempuh plus performanya. Jarak tempuh 480 km sudah lebih dari cukup untuk jalan-jalan Jakarta-Bandung tanpa khawatir.

Memulai perjalanan dengan kapasitas baterai 97 persen (467 km), unit yang dikendarai Mobil123.com masih memiliki sisa jarak tempuh 272 km atau 57 persen daya baterai ketika keluar Tol Pasteur Bandung. Setelah jalan-jalan sampai malam, sisanya jarak tempuhnya masih 219 km (46 persen kapasitas baterai).

Mode berkendara Eco, Normal, Sport berganti-gantian dicoba oleh Mobil123.com dan tiga rekan lainnya. Saat melaju di perkotaan maupun jalan tol, fitur Eco sudah sangat responsif dalam kondisi stop and go atau pun berakselerasi untuk menyalip kendaraan lain.

test drive BYD Atto 3

Di tanjakan-tanjakan curam, Atto 3 melaju hampir tanpa usaha berarti, meskipun masih dalam model Normal. Performanya makin trengginas ketika beralih ke mode Sport.

Bantingan suspensinya empuk dan nyaman. Meski demikian, setelan dari suspensi McPherson Strut di depan plus Multi-link di belakang tak sampai menimbulkan body roll yang parah.

Bicara baterai, Atto 3 dilengkapi teknologi Blade Battery dari BYD, dengan daya 49,92 kWh untuk varian Standard dan 60,48 kWh untuk varian Extended. Pengecasan dilakukan melalui port AC Charging Type 2 atau DC Charging CCS 2 yang sudah lazim di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Permanent Magnet Sycnhronous Motor menggerakkan kedua roda depan. Gelontoran dayanya mencapai 150 kW (201,1 hp), dengan torsi puncak 310 Nm.

test drive BYD Atto 3

BYD mengklaim akselerasi 0-100 km per jam mampu Atto 3 raih dalam 7,9 detik untuk varian Standard dan 7,3 detik untuk varian Extended. Adapun kecepatan puncaknya ialah 160 km per jam.

Basis e-Platform dan Chassis to Body (CTB) milik BYD menyediakan ruang yang luas untuk baris pertama, baris kedua, maupun bagasi Atto 3.

Sebagai gambaran dimensi Atto 3 ialah 4.455 mm untuk panjang, 1.875 mm untuk lebar, 1.615 mm untuk tinggi, 2.720 mm untuk wheelbase, dan 175 mm untuk ground clearance.

Menurut Mobilovers, dengan segala yang dimiliki oleh Atto 3, berapakah harga yang pas? [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang