Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Merek China Makin Banyak Jual Mobil Listrik Murah, BYD Mau Ikutan juga?

Mobil Listrik

Merek China Makin Banyak Jual Mobil Listrik Murah, BYD Mau Ikutan juga?

JAKARTA – BYD menyatakan akan membawa ‘lebih banyak mobil listrik yang kompetitif di pasar Indonesia’. Apakah artinya mereka bakal ikut terjun ke tren mobil listrik murah China?

Tren mobil listrik murah seharga Rp100-300 jutaan sekarang memang sedang dimarakkan oleh merek-merek China. Ini dimulai oleh Wuling Air EV pada 2022, dilanjutkan kemudian oleh Seres E1 (2023), Neta V (2023), dan terakhir Wuling Binguo (2023).

BYD, merek asal Shenzen, China sendiri sekarang diketahui sedang bersiap meramaikan pasar mobil listrik di Tanah Air. Mereka, menurut President Director PT BYD Motor Indonesia (BMI) Eagle Zhao, berencana menggelar peluncuran merek serta produk pada semester pertama 2024.

Sayangnya, ketika berkunjung ke kantor Mobil123.com, Autofun, dan Carmudi pada Selasa (5/12/2023) di Jakarta, dia tidak menjawab secara gamblang pertanyaan mengenai rencana masuk ke segmen mobil listrik murah.

BYD
Eagle pertama-tama menjawab kalau ‘pekerjaan rumah’ terbesar BYD saat ini adalah untuk memperkenalkan beragam teknologi mobil listrik yang mereka miliki. Ia mengklaim BYD sebagai perusahaan yang tergolong sangat mandiri terkait riset teknologi maupun manufakturing kendaraan.

“BYD berorientasi pada teknologi, sehingga kami ingin memberitahukan lebih banyak terkait teknologi mobil listrik yang benar-benar dibuat oleh kami dan dipatenkan oleh kami,” aku dia.

BYD, lanjut Eagle, kemudian bakal menghadirkan model-model mobil listrik yang kompetitif. Sayangnya, ia tidak bersedia merincikan lebih lanjut apakah kompetitivitas itu dapat diartikan harga yang murah atau tidak.

“Kami menunggu kesempatan untuk membawa lebih banyak produk-produk yang kompetitif di pasar, untuk memperkenalkannya di pasar. Saat kesempatannya tiba, kami akan mengumumkannya,” lontar Eagle.

BYD

Head of Marketing and Communication BMI Luther T Panjaitan mengatakan saat ini setidaknya ada empat teknologi terdepan dari BYD.

Pertama ialah Blade Battery yang diklaim sebagai baterai mobil listrik teraman di dunia.

“Teknologi Blade Battery kami sudah dites di Gunung Everest dan tes tusuk jarum. Kalau baterai mobil listrik lain bisa saja terbakar dengan suhu panas yang sangat tinggi, baterai kami hanya menghasilkan panas maksimal 60 derajat,” papar Luther.

Teknologi-teknologi BYD lainnya ialah CTB Technology yang merupakan pengintegrasian rangka dan baterai yang aman serta tahan lama, e4 Platform yang memperkenalkan satu motor penggerak pada setiap ban, plus DiSuS Intelligent Body Control System. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang