Toyota Vios 2018 Lebih Mahal Belasan Juta Rupiah

Berita Otomotif

Toyota Vios 2018 Lebih Mahal Belasan Juta Rupiah

JAKARTA – Toyota Vios 2018 mulai dijual di Indonesia dengan harga varian terbawah lebih mahal belasan juta rupiah jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Toyota Astra Motor (TAM) diam-diam meluncurkan dan menjual secara resmi Vios 2018 di Indonesia mulai Selasa (3/4/2018). Toyota memberikan tak hanya tampilan baru, tapi juga peningkatan pada fitur kenyamanan maupun keamanan.

“Kisaran harga Vios terbaru ini antara Rp 291,1 – 326 juta,” kata Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) Fransiskus Soerjopranoto kepada Mobil123.com via pesan singkat Whatsapp, saat menginformasikan  peluncuran Vios.

Banderol itu kemungkinan besar adalah on-the-road Jakarta, meski Soerjopranoto tidak menyebutkannya secara gamblang. Lalu bagaimana jika harga dibandingkan dengan versi sebelumnya?.

Harga terendah Vios terbaru yang Rp 291,1 juta, berdasarkan pantauan di situs resmi Toyota Indonesia, lebih mahal Rp 14,9 juta dibandingkan varian terbawah dari versi lawasnya yakni E M/T. Akan tetapi, harga tertinggi Vios 2018 dengan banderol Rp 326 juta lebih murah Rp 1,6 juta dibandingkan varian termewah versi terdahulu yaitu G TRD CVT.

Vios lawas sendiri terdiri dari enam varian yakni E M/T, E CVT, G M/T, G CVT, G TRD M/T, serta G TRD CVT. Adapun Vios 2018, menurut keterangan resmi Toyota, hanya terdiri dari empat varian yakni E M/T, E CVT, G M/T, G CVT.

Vios merupakan kendaraan di segmen mini sedan rakitan pabrik Toyota di Indonesia yang berada di bawah kendali PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Bahkan, Vios menjadi satu-satunya sedan yang saat ini diproduksi secara lokal.

Di Indonesia, pasar sedan nyaris tanpa geliat, keberadaannya jauh di bawah kelas mobil lainnya seperti MPV, SUV hingga hatchback dan city car. Komposisi sedan hanya berkisar 1 persen dari total pasar mobil nasional. Pemerintah sekarang sedang menyusun ulang perhitungan pajak baru demi meningkatkan permintaan sedan di sini sekaligus memperbesar kemungkinan perakitan lokalnya. 

TAM sendiri memiliki jajaran kelas sedan yang cukup lengkap. Selain Vios, ada juga small sedan Altis, medium sedan Camry, plus sedan sport 86 namun ketiganya merupakan CBU dari Thailand. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support