Recall Toyota Camry, Mesin Diganti Total

Berita Otomotif

Recall Toyota Camry, Mesin Diganti Total

KENTUCKY - Sekitar 1.700 unit Toyota Camry di Amerika Serikat harus direcall guna diganti mesinnya.

Umumnya, recall memang terbatas untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang mengalami kerusakan. Namun untuk Toyota Camry buatan tahun 2018 di Amerika Serikat, kondisinya sedikit berbeda. Kerusakan yang terjadi terbilang cukup fatal sehingga membuat Toyota harus iklas untuk mengganti mesin Toyota Camry secara utuh.

Kerusakan tersebut terjadi karena ukuran piston yang digunakan di mesin terlalu besar dari ukuran semestinya. Akibatnya, mesinnya akan bersuara aneh, asap mengepul dari knalpot dan bahkan perfoma mobil akan menurun hingga berpotensi mobil mogok.

“Dalam beberapa kondisi, kerusakan ini akan menyebabkan mobil menjadi kasar, adanya suara abnormal, mengeluarkan asap dari knalpot, lampu peringatan menyala dan dalam beberapa kasus akan terjadi pengurangan daya dan mesin berhenti berjalan,” ungkap sumber Toyota.

Kondisi tersebut memang terbilang sangat berbahaya bagi keselamatan. Bisa dibayangkan bila mobil sedang berada di kecepatan tinggi kemudian mesin mendadak mati total. Risiko kecelakaan tentu akan sangat besar.

Sebagaimana recall pada umumnya, penggantian mesin ini tidak akan dipungut biaya sama sekali. Toyota akan memastikan bahwa semua pemilik Toyota Camry 2018 yang terkena dampak akan menerima pemberitahuan melalui surat pada akhir Mei. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang