Toyota Sienta Facelift Buatan Indonesia Malah Lebih Dahulu Dijual di Thailand

Mobil Baru

Toyota Sienta Facelift Buatan Indonesia Malah Lebih Dahulu Dijual di Thailand

BANGKOK - Toyota Sienta facelift meluncur lebih dulu di Thailand daripada Indonesia. Padahal, Sienta yang dijual di ‘Negeri Gajah Putih’ berasal dari pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.

Toyota Sienta facelift, seperti diwartakan Paultan pada awal pekan ini, sudah mulai masuk Asia Tenggara. Namun, bukan Indonesia yang pertama memasarkannya, melainkan Thailand.

Padahal, sekadar menginformasikan saja, model ini menjalani debut Asia Tenggaranya di Indonesia pada 2016. Pabrik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang juga merupakan basis produksi Sienta untuk kawasan tersebut.

Lebih lanjut, multi purpose vehicle (MPV) di kelas menengah tersebut terdiri dari varian G serta V di negerinya Raja Maha Vajilalongkorn ini. Adapun banderolnya untuk versi terbaru dimulai dari 765 ribu baht (Rp 353,8 juta) hingga 875 ribu baht (Rp 404,77 juta), naik 10 - 15 ribu baht (Rp 4,62 - 6,93 juta) ketimbang model terdahulu.

Ubahannya sendiri terbilang amat sedikit. Pada bagian muka, grille kini tak lagi terlihat menyatu dengan bemper depan. Kisi-kisi pada grille pada versi termutakhir juga berbentu honeycomb mesh (segi enam seperti sarang lebah), bukan lagi garis-garis horizontal. Sisanya sama.

Aspek buritan malah sama sekali tak diutak-atik. Bahkan, ukuran maupun desain pelek pun demikian.

Meski begitu ada penambahan warna baru yakni Mica Metallic. Warna tersebut menggantikan warna jagoan Sienta sebelumnya yaitu oranye.

Untuk bagian interior, Toyota melepas kursi dari material fabric berwarna oranye. Penggantinya ialah material kulit hitam dengan aksen jahitan berwarna oranye.

Sandaran tangan untuk pengemudi pada bagian kiri ditambahkan, demikian pula sandaran tangan pada sisi pinggir bagi penumpang di baris tengah. Fitur-fitur baru mencakup Front/Rear Dashcam, 360-Degree Parking Camera System, Charging Socket bagi penumpang belakang, plus T-Link untuk layar sentuh 6.8 inchi di konsol tengah.

Kelengkapan-kelengkapan pada Sienta lawas tetap diboyong ke versi penyegarannya. Ada lampu depan Bi-LED, LED Daytime Running Lights, Rear LED Signatures, Electric Folding Wing Mirrors with Turn Signals, Twin Electric Sliding Doors, Keyless Entry with Start/Stop Button, Auto AC with Rear Blower, Optitron Meter Panel with 4.2-inch Multi-Info Display, layar sentuh 6.8 inchi, Bluetooth and enam pengeras suara, hingga layar 8 inchi untuk penumpang belakang.

Sienta facelift Thailand punya fitur keselamatan ABS, EBD, BA, VSC, Hill Start Assist dan tiga airbag di depan. Mesinnya tetap sama, 2NR-FE 1.5 litre Dual VVT-i berdaya 108 hp dengan torsi 140 Nm yang dipadukan dengan transmisi CVT plus mode manual. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support