Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Kijang Innova Belum Bisa Digoyang oleh MPV China

Berita Otomotif

Toyota Kijang Innova Belum Bisa Digoyang oleh MPV China

JAKARTA - Toyota Kijang Innova masih mendominasi segmen medium multi purpose vehicle (medium MPV) di Indonesia, meski mendapat tantangan dari mobil China selama lebih dari satu setengah tahun terakhir.

Kijang Innova mendapat pesaing baru dari China, Wuling Cortez, sejak Februari 2018. Dalam sekitar setahun, Wuling memperluas pilihan terhadap Cortez menjadi 8 tipe yang terdiri dari 2 tipe bermesin 1.5-liter, 2 tipe bermesin bensin 1.5-liter turbo, dan 4 tipe bermesin bensin 1.8-liter.

Namun, Kijang Innova hingga kini masih amat perkasa di segmen medium MPV. Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengklaim pangsa pasarnya masih di atas 90 persen di segmen tersebut.

“Innova masih sangat baik. Kalau kita lihat di segmen itu Innova pangsa pasarnya 95 persen, ya, dan penjualannya masih di angka kurang-lebih 5.000 unit sebulan,” akunya beberapa waktu lalu.

Henry menjelaskan bahwa cara mereka menghadapi medium MPV China adalah fokus pada produk dan diri mereka sendiri. Toyota terus berpikir bagaimana cara memberikan nilai tambah dari berbagai aspek.

“Itu yang paling penting. Baik dari produk, layanan, dan yang lainnya,” tandas dia.

Para media massa mencoba menanyakan kapan Kijang Innova mengalami penyegaran. Sayangnya, Henry tak memberikan jawaban.

Para pemain di segmen medium MPV sendiri masih sedikit, apalagi setelah Nissan Livina memutuskan turun kelas lagi ke segmen low multi purpose vehicle (LMPV) saat meluncurkan generasi terbarunya. Model-model medium MPV selain Kijang Innova dan Cortez sekarang hanyalah Toyota Sienta.

Namun, tahun depan bisa jadi ada model China lain yang masuk segmen tersebut. Mobil123.com sebelum ini pernah memberitakan bahwa Dongfeng Sokon (DFSK) sedang melakukan studi untuk merilis medium MPV pada 2020.

Lebih dari 26 Ribu Unit
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) Kijang Innova sepanjang semester satu 2019 mencapai 26.845 unit. Ini berarti rata-rata penjualanya per bulan selama Januari - Juni kemarin sekitar 4.474 unit.

Adapun Cortez terjual 1.434 unit. Sebanyak 852 unit di antaranya disumbangkan oleh tipe-tipe bermesin 1.5-liter maupun 1.5-liter turbo. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang