Toyota Ungkap Penggemar Mobil Bergaya Sporty di Indonesia Makin Banyak

Berita Otomotif

Toyota Ungkap Penggemar Mobil Bergaya Sporty di Indonesia Makin Banyak

JAKARTA – Menurut Toyota, tampilan sporty sebuah mobil di pasar Indonesia makin penting. Ini pula yang menjadi salah satu alasan mereka lebih serius memperkenalkan Gazoo Racing (GR).

Toyota memperkenalkan secara resmi GR sebagai merek produk-produk sport dan sporty mereka di Indonesia pada Kamis (19/8/2021) secara virtual.

Pabrikan asal Jepang tersebut sebelumnya sudah merilis delapan model Gazoo Racing di pasar Indonesia sejak 2019 sampai 2021, baik yang berupa produk khusus seperti GR Supra dan GR Yaris maupun yang menjadi varian dari satu model tertentu semisal Raize GR Sport dan Rush GR Sport.

Varian-varian tersebut menggantikan varian sporty sebelumnya, yakni TRD Sportivo yang eksis di Indonesia sejak 2008.

“Pertama, (alasan kami lebih serius memperkenalkan Gazoo Racing) karena ini tidak hanya di Indonesia tapi juga global. Jadi, Toyota global sendiri sangat serius mengembangkan merek ini dan kami bahkan menyebut level merek ini lebih tinggi dibanding TRD Sportivo karena digunakan sebagai merek resmi tim balap motorsport Toyota di mana pun, baik domestik maupun internasional,” ucap Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual.

mobil-mobil Gazoo Racing Toyota di Indonesia yang bergaya sporty

Alasan selanjutnya adalah karena para pembeli mobil di Indonesia pun makin banyak mengarah kepada gaya desain sporty. Perkembangan ini, kata dia, makin meningkat khususnya sekira 10 tahun terakhir.

Dari sisi gender, peminatnya pun tak lagi hanya laki-laki, tapi juga kaum hawa.

“Kalau kita bicara dulu sekali, pada era 1990-an dan awal 2000-an, (kesukaan) pada sporty styling sebenarnya animonya sudah ada. Cuma kita melihat trennya belakangan ini makin meningkat seiring juga peningkatan tren SUV,” tukas Anton.

Toyota GR Yaris

Tolok ukur Toyota adalah besarnya porsi penjualan varian TRD Sportivo di model-model Toyota. Kontribusinya rata-rata mencapai 70 persen.

Demikian pula ketika mereka mengintroduksi varian sporty Raize yakni Raize GR Sport pada bulan-bulan awal 2021.

“Raize itu di atas 70 persen yang memilih tipe sporty di GR Sport,” beber Anton. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar