Toyota Indonesia Serahkan Donasi untuk 5 SMK

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Serahkan Donasi untuk 5 SMK

MAKASSAR - Toyota Indonesia menyerahkan alat bantu peraga pendidikan berupa 5 unit kendaraan utuh dan 5 unit mesin utuh kepada lima SMK di Indonesia.

Kelima sekolah tersebut adalah SMK 5 Makassar, SMK 2 Palopo, SMKN 2 Manado, SMKN 3 Palu, dan SMKN 2 Kendari. Selain alat peraga, Toyota Indonesia juga akan memberikan bantuan berupa transfer kurikulum yang saat ini masih diujicobakan di beberapa SMK di daerah Jawa Tengah.

Penyerahan ini diharapkan dapat membantu para siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan mereka. Apalagi saat ini Pemerintah tengah berusaha untuk dapat mengembangkan pendidikan vokasi untuk meningkatkan industri di Indonesia.

“Program vokasi industri sangat strategis dalam meningkatkan daya saing industri melalui pengembangan SDM. Selain itu, vokasi bisa mendukung penyediaan angkatan kerja yang siap terjun langsung di dunia industri, apalagi jika didukung dengan sertifikasi khusus,” ujar Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Sementara itu Darmawan Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa penyerahan ini diharapan bisa meningkatkan mutu keterampilan siswa SMK khususnya di bidang otomotif.

“Di masa depan, kami berharap dapat terus melanjutkan dukungan terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia, sehingga bisa turut berkontribusi dalam peningkatan mutu keterampilan di bidang otomotif bagi para siswa di sekolah-sekolah kejuruan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) telah merancang Making Indonesia 4.0 sebagai sebuah roadmap  yang terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi dalam memasuki era Industry 4.0.

Salah satu langkah penting dalam mendukung revolusi industri 4.0 adalah peningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui link and match antara pendidikan dengan industri melalui program vokasi. Untuk itulah, Toyota Indonesia mencoba untuk mulai mengembangkan rancangan tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar