Toyota Avanza Transmover Tak Mendapatkan Facelift, Ini Sebabnya

Berita Otomotif

Toyota Avanza Transmover Tak Mendapatkan Facelift, Ini Sebabnya

JAKARTA – Toyota Avanza Transmover yang ditujukan sebagai taksi tak diutak-atik sama sekali, saat varian-varian lainnya mendapatkan facelift.

Avanza facelift meluncur pada awal pekan ini di Jakarta, setelah foto-fotonya tersebar luas di media sosial mulai awal Januari. Harganya sendiri masih sama dan kebijakan ini bakal bertahan setidaknya tiga bulan ke depan.

Namun, ada satu varian Avanza yang tidak ikut disegarkan oleh Toyota yaitu Transmover. Varian yang pertama kali hadir pada November 2016 ini masih 100 persen sama dari segala aspek sehingga diferensiasinya dengan varian-varian lain pun makin lebar.

“Untuk model, desain, fitur, dan harga varian Transmover sama dengan sebelumnya. Jadi masih menggunakan model yang lama,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) ketika diwawancarai selepas seremoni peluncuran.

Ini, menurut Anton, karena Transmover memang khusus diarahkan ke segmen tertentu di pasar fleet (korporasi). Perlakuan kepadanya pun mesti berbeda sesuai dengan kebutuhan para konsumen yang disasar.

“Transmover fokusnya lebih banyak ke taksi. Jadi memang fitur, desain, serta harganya kami tempatkan  di posisi tersebut,” ucap dia.

Penjualan Avanza untuk seluruh varian pada 2018 mencapai 82.167 unit, turun cukup jauh dibandingkan setahun sebelumnya yang berjumlah lebih dari 116 ribu unit. Kata Anton, sebanyak 25 persen di antaranya adalah penjualan sebagai fleet.

“Termasuk di antaranya Transmover. Sewaktu pertama kali diluncurkan model ini terjual sekitar 1.000 unit, sedangkan tahun lalu kira-kira 3.000 unit. Jadi, kalau dibandingkan dengan penjualan Avanza yang lebih dari 80 ribu unit, kontribusi Transmover belum terlalu besar. Tapi pasarnya ada,” papar dia.

Pada 2019, Anton memperkirakan bahwa volume penjualan Transmover masih berkisar di angka yang sama. Pasalnya, ada permintaan pasokan Transmover dari operator-operator taksi di tahun bershio Babi Tanah ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar