Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Masih Hentikan Produksi Karena Gempa Hokkaido

Berita Otomotif

Toyota Masih Hentikan Produksi Karena Gempa Hokkaido

HOKKAIDO – Toyota terpaksa menghentikan sementara produksi kendaraannya akibat gemba bumi yang melanda kota Hokkaido, Jepang pada hari Kamis, 6 September 2018.

Penghentikan produksi ini dilakukan sejak hari Sabtu lalu (8/9/2018) hingga waktu yang belum ditentukan. Bahkan berdasarkan informasi yang kami terima, hingga hari ini pabrik Toyota Motor Hokkaido belum kembali beroperasi. Gempa bumi yang melanda kota Hokkaido dikabarkan memiliki kekuatan hingga 6,7 SR dan mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia serta ratusan orang mengalami luka-luka.

Tak hanya itu, gempa juga telah menghentikan pasokan energi di seluruh pulau, termasuk pembangkit tenaga listrik yang memasok setengah dari pulau tersebut. Lokasi pembangkit listrik sangat dekat dengan titik pusat gempa sehingga harus dimatikan sementara demi keamanan.

Akibatnya, Toyota harus menghentikan produksi kendaraan di beberapa pabrik miliknya. Beberapa pabrik yang terpengaruh terhadap kondisi ini di antaranya adalah pabrik Toyota di Kyushu dan Tahara. Pabrik-pabrik tersebut memproduksi beberapa model seperti Lexus dan Toyota Land Cruiser yang bertanggung jawab untuk memproduksi kendaraan ekspor.

Demikian pula dengan fasilitas produksi di Hokkaido, Toyota memproduksi beberapa komponen seperti transmisi dan transfer case yang harus dihentikan produksinya. Tanpa sumber tenaga, Toyota tidak bisa mengkonfirmasi kapan pabrik akan kembali beroperasi.

Meski memproduksi kendaraan untuk pasa ekspor, kemungkinan Toyota Indonesia tidak akan terlalu terpengaruh. Hal ini karena umumnya kendaraan Toyota yang laris di pasaran sudah diproduksi sendiri di Tanah Air. Bahkan, sejumlah kendaraan Toyota produksi Indonesia sudah diekspor ke beberapa negara. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang