Pabrik Toyota Mulai Produksi Mobil dan Sparepart di Tengah PSBB

Berita Otomotif

Pabrik Toyota Mulai Produksi Mobil dan Sparepart di Tengah PSBB

JAKARTA – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akhirnya mulai melakukan produksi kendaraannya di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sebelumnya, TMMIN sudah menghentikan produksi kendaraannya sejak 13 April 2020. Penghentian produksi tersebut dikarenakan adanya pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan pelaksanaan PSBB di sejumlah wilayah.

Namun, TMMIN akhirnya mulai melakukan produksi lagi sejak tanggal 27 April 2020 setelah mendapat ijin khusus dari Kementerian Perindustrian. Ijin tersebut didapatkan karena Kementerian Perindustrian menilai TMMIN merupakan perusahaan yang harus memenuhi kebutuhan pasar ekspor.

“Pada dasarnya TMMIN melanjutkan kebijakan Work From Home saat ini yang sesuai dengan Kebijakan PSBB. Namun, ada beberapa pengecualian untuk memenuhi kebutuhan service parts bagi konsumen dan untuk memenuhi komitmen ekspor, beberapa fungsi di TMMIN beroperasi mulai dari 27 April 2020 yang sesuai dengan izin dari Kementerian Perindustrian,” ungkap Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN.

Dalam proses produksinya selama masa PSBB, TMMIN pun tidak memaksimalkan jumlah produksinya. Mereka hanya memproduksi kendaraan untuk kebutuhan ekspor dan sparepart kendaraan. Semua kegiatan TMMIN selama implementasi PSBB mengikuti protokol kesehatan dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

“Unit yang diproduksi adalah Innova dan Fortuner . Produksi hanya dilakukan untuk keperluan ekspor ke Timur Tengah karena sejumlah negara di Asia masih menerapkan kebijakan lockdown,” pungkasnya.

Pandemi Covid-19 memang telah memukul industri otomotif di Indonesia dalam beberapa minggu terakhir. Selain membuat sejumlah pabrik menghentikan produksi, jumlah penjualan kendaraan di Indonesia pun mengalami penurunan. Gakindo bahkan memprediksi penjualan kendaraan akan turun hingga 40% dibandingkan penjualan tahun lalu. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar