Toyota GR Yaris Meluncur di Indonesia dalam Waktu Dekat

Berita Otomotif

Toyota GR Yaris Meluncur di Indonesia dalam Waktu Dekat

JAKARTA – Toyota GR Yaris segera hadir di Indonesia dengan kuota hanya 120-an unit.

Akhirnya, Toyota mau lebih terbuka soal rencana menjual GR Yaris di Indonesia. Pengakuan tersebut datang menjelang tanggal peluncurannya.

Hatchback edisi terbatas yang mengadopsi teknologi kendaraan tim Toyota dalam World Rally Championship (WRC) ini siap hadir dalam waktu dekat.

Sayang, tanggal pasti peluncuran dari model yang menjalani debut global pada 2020 tersebut belum dibeberkan.

Toyota GR Yaris 2021

“Kami akan segera menghadirkan Toyota GR Yaris untuk masyarakat Indonesia dalam waktu dekat dengan jumlah unit yang cukup terbatas yaitu hanya 126 unit,” kata Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), melalui keterangan resmi, Selasa (23/3/2021) sore.

Pemesanan resmi GR Yaris dibuka pada 25 Maret 2021 dengan mengajukan form booking di diler Toyota terdekat.

Isu rencana peluncuran GR Yaris di Indonesia sebenarnya sudah muncul sejak September 2020. Ketika itu, dalam konferensi pers virtual peluncuran Yaris facelift, Anton membuka peluang untuk menjualnya di Tanah Air.

Indikasi rencana peluncuran GR Yaris di Indonesia kemudian muncul pada awal 2021, setelah dokumen pemerintah mengenai calon mobil-mobil baru bocor ke publik. Regulasi tersebut, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, turut mencantumkan namanya.

Di dalamnya, tertulis bahwa GR Yaris akan dijual dalam satu tipe yakni 1.6 T MT. Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari kendaraan ini Rp453 juta, sedangkan Harga Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotornya Rp475,65 juta.

Adapun harga on-the-road Jakarta, menurut pemberitaan Mobil123.com beberapa waktu lalu dengan mengutip keterangan tenaga penjual di diler, berkisar antara Rp800-850 juta.

Toyota GR Yaris

Bukti rencana peluncuran GR Yaris makin kuat setelah YouTuber otomotif kondang Fitra Eri dan MotoMobi mengunggah konten yang memperlihatkan mereka sedang memesan GR Yaris.

Dalam pernyataan pers, Toyota mengakui GR Yaris yang kelak dijual di Indonesia adalah tipe mesin 1.6-liter turbo G16E-GTS dengan sistem penggerak empat roda berkode ‘GR-Four’. Opsi mesin lainnya yang berkapasitas 1.5-liter Naturally Aspirated memang tidak dimasukkan.

“GR Yaris diproduksi menggunakan line khusus pada pabrik Toyota di  Motomachi yang dikenal memiliki sejarah yang panjang dan kuat dalam memproduksi mobil sport Toyota,” pungkas Fumitaka Kawashima, Direktur Pemasaran TAM, mengenai model yang hanya diproduksi 25 ribu unit untuk seluruh dunia ini. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar