Kuota Cuma 126 Unit, yang Pesan Toyota GR Yaris di Indonesia 470 Orang

Berita Otomotif

Kuota Cuma 126 Unit, yang Pesan Toyota GR Yaris di Indonesia 470 Orang

JAKARTA – Pandemi virus Corona (Covid-19) seakan tak mengurangi antusiasme orang – orang kaya Indonesia terhadap Toyota GR Yaris.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan antusiasme masyarakat Tanah Air terhadap GR Yaris sangat melebihi perkiraan. Jumlah orang yang melakukan booking (pemesanan) amat jauh di atas kuota yang disediakan oleh prinsipal Toyota di Jepang untuk pasar otomotif Nusantara.

“Sejak resmi membuka booking pada Maret kemarin, pada hari ini (23 April 2021—Red) kami menutup proses pemesanannya. Sudah ada lebih dari 470 konsumen yang melakukan booking dan ini jauh lebih tinggi daripada alokasi suplai yang kami dapatkan,” ucap dia dalam diskusi virtual lewat Instagram Live Toyota Indonesia pada Jumat (23/4/2021).

Sekadar mengingatkan, Toyota tahun ini berencana meluncurkan GR Yaris dalam jumlah amat terbatas. Bagaimana tidak, hanya 126 unit yang bakal masuk ke Indonesia.

Toyota GR Yaris

GR Yaris sendiri merupakan kendaraan yang dikembangkan langsung dari unit serta teknologi yang Toyota gunakan dalam ajang World Rally Championship. Adapun produksinya secara global juga direncanakan terbatas yaitu hanya 25 ribu unit.

“Memang untuk pasar global unitnya pun terbatas,” tukas Anton.

Anton tidak menjelaskan apakah pihaknya akan membujuk prinsipal untuk menambah kuota, demi memfasilitasi ratusan orang kaya Indonesia yang tak kebagian unit.

“Kami sekarang harus melakukan persiapan untuk peluncuran dan distribusinya. Jadi, beri kami waktu juga untuk mempersiapkan GR Yaris ini, sampai nanti bisa didistribusikan kepada para konsumen,” lanjut dia.

Toyota GR Yaris

GR Yaris yang kelak meluncur di Indonesia adalah yang bermesin 1.6-liter turbo G16E-GTS . Ini dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan iMT yang menyalurkan tenaga kepada sistem penggerak empat roda ‘GR-Four’.

Tipe mesin 15-liter Naturally Aspirated tidak dimasukkan ke negeri ini.

Harganya belum diumumkan. Akan tetapi, berdasarkan keterangan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari GR Yaris adalah Rp475,65 juta.

Ini adalah harga off the road alias sebelum dikenakan pajak. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar