Toyota Bocorkan Mobil-mobil Baru yang Akan Segera Diluncurkan

Berita Otomotif

Toyota Bocorkan Mobil-mobil Baru yang Akan Segera Diluncurkan

TANGERANG – Toyota memberikan sedikit bocoran soal mobil-mobil baru yang siap meluncur di Indonesia delapan bulan ke depan.

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa setelah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 hingga sebelum Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada April mendatang pihaknya berencana meluncurkan beberapa model anyar. GIIAS 2018 sendiri digelar pada 2 - 12 Agustus, sedangkan IIMS 2019 dijadwalkan pada 25 April - 5 Mei.

“Mobil-mobil baru itu ada di segmen sedan, multi purpose vehicle (MPV), dan mungkin kalau memang pasarnya membutuhkan kami sedang siapkan satu sport utility vehicle (SUV) produk baru,” beber dia menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela GIIAS 2018, Senin (6/8/2018) di Serpong, Tangerang.

Satu Lagi Tahun Ini
Soerjopranoto menolak memberitahu lebih rinci mengenai model-model anyar yang siap mengaspal delapan bulan ke depan. Namun, ia membocorkan bahwa di sisa tahun ini Toyota bakal meluncurkan satu di antaranya.

“Kami siapkan satu model (tahun ini) yang sudah ditunggu konsumen dan memang saat kami tanyakan ke konsumen-konsumen kami soal kendaraan ini, mereka sangat mengapresiasinya,” aku Soerjopranoto.

Sebagai informasi, Toyota sejauh ini sudah meluncurkan setidaknya empat model baru yaitu Vios, Vellfire, Yaris, dan C-HR. Toyota tidak meluncurkan mobil baru di GIIAS 2018. Sebagai gantinya, mereka memamerkan Concept i-Series maupun mobil-mobil hybrid serta listrik yang dijual di luar negeri.

Empat peluncuran yang dilakukan Toyota tahun ini belum mampu mendongkrak performa mereka di pasar. Pasalnya, penjualan pabrikan ini menurut data wholesales semester pertama dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ‘cuma’ 76.694 unit.

Volume itu turun 60,73 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year) sebesar 195.288 unit. Sementara, pasar mobil nasional masih tumbuh tipis 3,8 persen year on year dari 533.506 unit menjadi 553.757 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar