Toyota Avanza ‘Ngumpet’ di GIIAS 2018

Berita Otomotif

Toyota Avanza ‘Ngumpet’ di GIIAS 2018

TANGERANG – Toyota Avanza tak terlihat di bagian depan booth merek ini dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dan malah ditaruh di belakang, persis di sebelah dealing room.

Tata letak booth Toyota di GIIAS 2018 yang berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang memang mengundang tanya. Pasalnya, Avanza, model terpenting Toyota di Indonesia dari perspektif volume, ditaruh di dealing room yang berada di balik tembok booth. Pada bagian depan ditaruh model-model lain dan panggung utama diisi oleh Concept i-Series.

Mobil123.com sendiri sempat menanyakan maksud tata letak tersebut dan apakah hal itu dilakukan karena Avanza saat ini telanjur kalah pamor dari kompetitor khususnya Mitsubishi Xpander. Namun, Toyota menyanggahnya.

“Ini bagian dari strategi Toyota. Avanza ini, kan, mobil sejuta umat. Mobil yang sudah dijual di Indonesia sejak 2004 dan sudah dekat dengan konsumen. Makanya, kami enggak taruh di bagian show car tapi di dekat tempat negosiasi dengan konsumen,” aku Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) di sela-sela GIIAS 2018.

Dimodifikasi
Avanza yang dipajang di GIIAS 2018 cukup unik karena dimodifikasi dengan camper. Tujuannya adalah untuk menunjukan bahwa low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut bisa dimodifikasi sebagai tempat tinggal sementara ketika bertamasya ke alam bebas.

“Avanza di GIIAS 2018 kami buat dengan model camper karena kami mencermati bahwa ke depannya, dengan penambahan infrastruktur khususnya penambahan 1.000 km jalan tol terutama di area Pulau Jawa, gaya hidup konsumen akan berubah . Mereka yang tadinya menggunakan kendaraan berpindah dari satu tempat ke tempat lain menjadi gabungan dengan aktivitas rekreasi. Makanya kami buat model camper ini,” papar Soerjopranoto lagi.

Pada bagian atap, terpasang roof rail plus tenda. Ada pula tangga untuk naik ke tenda itu.

“Tadi saya tanyakan kalau model camper ini kuat menahan beban 200 – 300 kg. Bisa untuk dua sampai tiga orang, lah, kira-kira,” tandas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support