Toyota Concept i-Series Buai Pengunjung GIIAS 2018

Berita Otomotif

Toyota Concept i-Series Buai Pengunjung GIIAS 2018

SERPONG – Toyota berpartisipasi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 tanpa model baru dan sebagai gantinya memperkenalkan tiga mobil konsep masa depan.

GIIAS 2018 berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Toyota membawa Concept i-Series yang terdiri dari Concept-i, i-Ride, dan i-Walk.

“Melalui GIIAS kali ini, Toyota akan menyampaikan pesan mengenai banyak hal kepada masyarakat. Tak hanya mengenai produk, tapi juga berbagai capaian dalam pengembangan teknologi otomotif serta kecenderungan-kecenderungan teknologi otomotif ke depan yang dibutuhkan masyarakat untuk masa depan lebih baik sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond,” kata Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM) di hari perdana GIIAS 2018.

Concept i-Series menjalani debut global di Tokyo Motor Show 2017. Ketiganya kemudian menjalani debut Eropa di Geneva Motor Show pada Maret 2018.

Concept-i mengaplikasikan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) untuk belajar mengenali emosi manusia agar pengemudi mencapai tingkat keselamatan dan ketenangan optimal. AI juga digunakan untuk meningkatkan kesenangan berkendara.

“Concept-i adalah mobilitas masa depan yang mengerti Anda dan terhubung dengan kebutuhan Anda,” kata Nakata.

Adapun i-Ride merupakan kendaraan compact yang memberikan mobilitas pada penyandang disabilitas. Mobil mungil ini memiliki kursi elektrik yang bergeser ke arah pintu yang sedang membuka agar mereka bisa masuk dengan mudah. Pintunya pun bermodel gull-wing demi kemudahan lebih saat masuk.

i-Ride dikemudikan dengan joystick alih-alih setir kemudi, pedal gas, dan pedal rem. Dimensi mininya memudahkan bepergian tapi tetap memiliki tempat khusus menyimpan kursi roda.

Sementara itu, i-Walk merupakan moda transportasi personal untuk para pejalan kaki. I-Walk dilengkapi fungsi otomatisasi kendaraan untuk kenyamanan plus keselamatan, tiga roda dengan sumbu roda variabel.

“i-Walk membuat Anda dapat melanjutkan mobilitas ke tempat-tempat di mana mobil tidak bisa masuk,” tandas Nakata lagi.

Selain Concept i-Series, Toyota juga memamerkan mobil-mobil hybrid dan hidrogen mereka. Ada C-HR hybrid, Prius plug-in hybrid, Mirai Fuel Cell.

Di luar model konsep dan mobil ramah lingkungan yang dipertunjukkan, Toyota menghadirkan pula edisi-edisi spesial dari berbagai model di pasar Indonesia. Tentu saja, model-model reguler ikut diboyong. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support