Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Bikin Tiruan Sirkuit Nurburgring

Berita Otomotif

Toyota Bikin Tiruan Sirkuit Nurburgring

NAGOYA - Toyota kini sedang membangun pusat riset dan pengembangan baru di ‘rumah’ mereka di  Jepang, dan salah satu fasilitas di dalamnya ialah trek pengujian yang meniru Sirkuit Nurburgring di Jerman.

Toyota tengah membangun pusat riset dan pengembangan itu di atas lahan seluas sekitar 650 hektare di prefektur Aichi. Uang sebesar 300 miliar yen atau sekitar Rp 38,41 triliun digelontorkan untuk mewujudkan rencana ini.

Salah satu pabrikan terbesar sejagad itu berencana mengoperasikannya secara penuh pada 2023. Namun, tahun depan, sudah ada yang dibuka sebagian.

Lima tahun dari sekarang, bakal ada 3.200-3.300 pekerja di pusat riset dan pengembangan tersebut. Toyota berencana menambahnya hingga 3.850 orang di masa mendatang.

Di sana, kelak terdapat 11 trek pengetesan kendaraan yang merepresentasikan berbagai kondisi jalan di seluruh dunia. Ini merupakan kali pertama Toyota membangun trek pengujian sejak 1984.

Salah satunya merupakan versi mini dari Sirkuit Nurburgring nan tersohor. ‘Nurburgring mini’ tersebut ditujukan untuk menjajal stabilitas, pengereman, hingga aspek-aspek lainnya di kondisi berkendara sulit. Trek sejauh 5,3 km itu antara lain terdiri dari banyak tikungan plus jalur menanjak dengan titik terendah dan tertinggi berselisih 75 meter.

Toyota menargetkan penjualan 5,5 juta mobil listrik pada 2030 dan saat ini sedang berkejaran dengan waktu dalam riset dan pengembangan mobil listrik serta mobil hibrida. Di samping untuk menggarap model-model mobil ‘hijau’ bagi negara-negara maju semisal Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat, pusat riset dan pengembangan baru di Jepang juga bakal menyiapkan mobil-mobil ramah lingkungan Toyota di negara berkembang seperti India, Cina. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang