Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tol Layang Jakarta-Cikampek Bergelombang, Pengelola Angkat Bicara

Berita Otomotif

Tol Layang Jakarta-Cikampek Bergelombang, Pengelola Angkat Bicara

JAKARTA – Meski mendapat kritikan terkait kondisi yang kurang mulus dan terlihat bergelombang, Badan Pelenggara Jalan Tol (BPJT) menegaskan bahwa jalan tol layang Jakarta – Cikampek telah sesuai standard kelayakan.

Danang Parikesit, Kepala BPJT Kementerian PUPR menjelaskan bahwa jalan tol tersebut dirancang agar dapat melintasi  beberapa bangunan perlintasan eksisting berupa Overpass, Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dan Simpang Susun pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek eksisting. Sehingga pada konstruksinya telah dilakukan penyesuaian berupa peninggian elevasi struktur elevated dengan tetap memperhatikan kualitas pemenuhan ketentuan dan persyaratan teknis yang berlaku.

Ia juga menambahkan bahwa dengan memperhatikan desain kecepatan rencana (design speed) jalan tol Jalan Tol Jakarta- Cikampek II (Elevated) adalah 80 km/jam, maka desain alinyemen vertikal untuk peninggian elevasi struktur elevated dimaksud memiliki kelandaian vertikal maksimal 3%. Sehingga telah memenuhi ketentuan persyaratan kelandaian vertikal maksimum 4% untuk desain kecepatan 80 km/jam tersebut, termasuk pemenuhan ketentuan jarak pandang henti kendaraan yaitu minimum 110 meter.

Disamping itu, terkait aspek struktur, konstruksi Jalan Tol Jakarta - Cikampek II (Elevated) telah dilakukan pengujian beban (loading test) serta desain yang telah mendapatkan persetujuan dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan.

Disamping itu, jalan tol layang ini telah dilengkapi oleh fitur keselamatan berupa emergency U-turn di 8 titik lokasi dan 113 buah CCTV pemantau secara langsung. Tol Layang Jakarta-Cikampek juga akan dilengkapi dengan fitur keselamatan lainnya seperti Emergency Exit Ramp di 2 lokasi hingga Emergency Parking Bay di 4 titik lokasi yang akan ditentukan.

"Jalan Tol Jakarta - Cikampek II (Elevated) juga dilengkapi dengan fitur Single Call Center yaitu di nomor telfon 14080. Single Call Center ini juga telah diterapkan di seluruh jalan tol di Indonesia, hal ini dilakukan guna memberikan pertolongan utama pada pengendara dan informasi seputar jalan tol yang dilintasi," pungkas Danang. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang