Waskita Lepas Tol Solo-Ngawi ke Investor Hongkong

Berita Otomotif

Waskita Lepas Tol Solo-Ngawi ke Investor Hongkong

JAKARTA - PT Waskita Toll Road, anak perusahaan dari PT Waskita Karya (Persero) resmi menjual sejumlah saham di tol yang mereka miliki.

PT Waskita Toll Road melepas sedikitnya 40 persen saham di Ruas Tol Solo – Ngawi yang dimiliki PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) dan 40% saham di Ruas Tol Ngawi – Kertosono – Kediri miki PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK). Pembelinya adalah yaitu Kings Key Limited (KKL), investor asal Hongkong.

“Diharapkan langkah ini akan menjadi momentum yang baik untuk rencana divestasi ruas-ruas tol selanjutnya di masa mendatang,” ungkap Herwidiakto, Direktur Utama PT Waskita Toll Road di sela-sela penandatanganan kontrak.

Tak tanggung-tanggung, jumlah pembelian saham tersebut ternyata memiliki nilai yang sangat tinggi. Dikabarkan bahwa PT Waskita Toll Road akan menerina dana sebesar Rp 2,5 triliun setelah proses penjualan rampung.

Ruas tol Solo – Ngawi merupakan tol sepanjang 90,43 km dengan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) sebagai pemegang konsesi pengelolaannya. Sementara ruas tol Ngawi-Kertosono memiliki panjang kurang lebih 87 km. Dengan adanya penjualan ini, diharapkan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNKK) bisa lebih fokus dalam mengembangkan infrasturktur di Indonesia.

Presiden Joko Widodo sendiri menegaskan bahwa di periode kedua, Ia tetap akan fokus dalam pengembangan infrastruktur. Pembangunan ini diyakini bisa mempermudah pengguna jalan untuk lebih konsentrasi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar