Tips Pilih Double Cabin Bekas Terbaik

Mobil Bekas

Tips Pilih Double Cabin Bekas Terbaik

Pilih Double Cabin Bekas Terbaik – Memilih kendaraan bekas membutuhkan trik khusus agar tidak tertipu yang pada akhirnya memberikan penyesalan pada konsumen.

Hal ini juga berlaku untuk calon konsumen yang hendak memilih kendaraan roda empat jenis double cabin. Baik untuk penggunaan sehari-hari maupun bisnis, membeli double cabin bekas sangat memerlukan ketelitian.

Sejatinya kendaraan jenis tersebut di atas adalah tipe pekerja keras. Menggunakan rangka bertingkat (ladder frame) adalah salah satu keunggulannya dalam membawa muatan berbobot lebih berat.

Berbeda dengan pick-up, double cabin memiliki keunggulan lain yakni memuat lebih banyak penumpang. Walaupun jika dibandingkan pick-up kapasitas bak atau cargo kendaraan ini lebih sedikit. Namun tampilan d-cab (double cabin) lebih kokoh dan menonjolkan sisi maskulin nan dominan.

Sebagai kendaraan niaga, double cabin lebih diminati oleh para perusahaan di bidang tambang. Kombinasi ruang kabin lebih luas dan kemampuan mengangkut barang, menjadi faktor penting pemilihan daripada pick-up.

Meskipun tidak jarang kendaraan ini dimiliki oleh pengguna harian hingga pehobi olahraga menantang seperti offroad, trail, downhill dan lain sebagainya. Kendaraan jenis ini juga dilirik oleh konsumen umum karena beberapa pabrikan telah menyematkan fitur-fitur termutakhir. Sehingga kenyamanan mengendarai d-cab tidak kalah dengan mobil penumpang.

Fitur-fitur modern yang disematkan, membuat harga double cabin tidak bisa dibilang murah, setidaknya untuk sebagian orang. Untuk menebus satu unit kendaraan jenis ini, calon konsumen harus merogoh kocek lebih dalam.
Ranger Double Cabin

Belum lagi aturan di Indonesia yang menetapkan kendaraan ini sebagai niaga ringan. Sehingga ada biaya lebih yang harus disetorkan para pemiliknya kepada negara alias KIR. Ketentuan ini gengsi sedikit turun, apalagi jika melintasi jalan protokol yang mengharuskannya masuk jalur lambat.

Harga double cabin baru yang mahal, membuat beberapa orang menentukan pilihan pada unit bekasnya. Menariknya, harga d-cab bekas lebih terjangkau meskipun calon pembeli mesti ekstra hati-hati dalam menentukan pilihan.

Seperti telah dijelaskan di atas sebelumnya, sebagai kendaraan yang ditahbiskan untuk melakukan perkerjaan kasar, memilih unit bekasnya harus lebih teliti. Jangan sampai Anda terbebani biaya perbaikan yang lebih mahal dari unit yang dibeli.

Tips Memilih Double Cabin Bekas Terbaik

Sebenarnya calon konsumen tidak perlu khawatir untuk membeli unit eks perusahaan tambang. Karena tidak semua kendaraan ini ‘disiksa’ berlebihan sehingga menyebabkan kondisinya rusak parah. Selain itu, kemampuan d-cab yang terkenal tangguh menjadi salah satu modal untuk calon konsumen bekasnya.

  • Bodi

Hal paling pertama dalam membeli mobil bekas adalah melakukan pengecekan pada bodi mobil. Mekanisme pengecekan ini sebenarnya sama saja pada saat memilih mobil bekas. Namun pada double cabin, membutuhkan trik khusus.

Berbeda dengan kendaraan penumpang, d-cab kerap menempuh medan offroad (terjal, kasar hingga berbatu) karena memang habitatnya di sana. Karena ketangguhannya tersebut, tidak jarang kendaraan tidak mendapat perawatan bodi yang benar.

Seperti tidak dicuci dalam jangka waktu lama, kerap melintasi kawasan pesisir pantai hingga membawa barang bawaan yang tidak biasa. Bodi kendaraan yang didominasi dengan komponen besi, penyakit yang kerap ditemukan adalah karat.

Lokasi tambang yang terkadang jauh dari perkotaan, membuat kendaraan acapkali mendapat perawatan seadanya. Misalnya pengecetan bodi secara manual, pengelasan bodi yang tidak sesuai dengan prosedur.

Pastikan nat atau lekukan bodi masih lurus sesuai dengan pabrikan. Anda bisa mengunduh gambar aslinya yang banyak tersedia di internet. Paling mudah adalah mengajak mekanik berpengalaman agar tidak tertipu polesan sementara.

  • Kaki-kaki

Sektor ini tidak kalah pentingnya untuk diperiksa jika Anda hendak meminang d-cab. Sektor kaki-kaki merupakan salah satu faktor yang menentukan kenyamanan dalam berkendara. Maka dari itu, perhatikan betul kondisi kaki-kaki mulai dari suspensi hingga pendukungnya.

Selain itu, double cabin yang kerap digunakan bermain lumpur akan terlihat dari ruang fender bagian dalam. Biasanya terdapat lumpur yang mengering dan susah untuk dibersihkan. Bahkan ada beberapa penjual nakal yang lumpur atau tanah yang mengering dengan cat.
Double Cabin Triton

Tentunya ini akan memberikan dampak serius karena pembeli akan menyesal di kemudian hari. Adapula peran karet-karet yang menopang bodi maupun suspensi yang cukup vital dalam hal kenyamanan.

Jika karet-karet tersebut sudah getas, maka dikhawatirkan akan timbul bunyi-bunyian yang mengganggu perjalanan. Pastikan Anda melakukan pengecekan di tempat terbuka yang terang untuk memeriksa kaki-kaki.

  • Sasis

Sesuai dengan takdirnya sebagai kendaraan pekerja keras, d-cab kerap disiksa untuk membawa beban berat. Perlakuan ini jika kerap dilakukan akan membuat sasis bengkok. Paling tidak karet-karet penyangganya retak atau pecah.

Untuk melakukan pengecekan, sebaiknya kendaraan harus ditempatkan pada jalanan yang rata. Lalu lihat dari kejauhan apakah bodinya miring atau tidak. Jika miring, maka bisa dipastikan sasisnya sudah kena atau karet-karetnya bermasalah.

Sebaiknya urungkan niat untuk membeli kendaraan dengan kondisi seperti di atas. Karena perbaikannya tidak hanya mahal, namun memakan waktu cukup lama.

  • Mesin

Mengecek kondisi mesin saat membeli mobil bekas adalah suatu keharusan. Mesin yang sehat akan membuat perjalanan menyenangkan dan tanpa gangguan.

Meskipun membeli mobil bekas, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan unit dengan mesin yang prima. D-cab yang pada umumnya menggunakan mesin diesel, maka pengecekan meliputi pada suara mesin, getaran, asap yang dihasilkan, rembesan oli pada dinding mesin atau ruang mesin, dan engine mounting.

Setelah dipastikan mesin kering atau tidak ada kebocoran, maka pengecekan selanjutnya adalah melakukan test drive. Dengan ini Anda bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari kendaraan yang akan dibeli.

Jika Anda tidak kepekaan dalam menilai sebuah kendaraan, maka jangan ragu untuk memboyong mekanik untuk membantu. Jika penjual berkenan, ada baiknya membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk memastikan kondisinya.

Pilihan Double Cabin Bekas Terbaik

  1. Ford Ranger

Double cabin ranger lawas
Kendaraan asal Amerika Serikat ini merupakan salah satu legenda d-cab yang populer. Kemampuan mesinnya yang tangguh didukung kaki-kaki superior dan fitur terbaik, membuat Ranger diminati banyak pihak.

Ford Ranger bekas menggunakan mesin berkapasitas 2.500 cc atau 3.000 cc yang dipercaya mampu menghasilkan daya 156 hp dan torsi puncak 380 Nm. Sumber daya tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 5-percepatan.

Urusan harga, Ford ranger termurah dengan buatan tahun 2007 bisa didapatkan dengan harga mulai dari 80 jutaan. Jika Anda ingin meminang unit buatan tahun 2014 ke atas dengan harapan dapat kendaraan tahun muda, maka uang yang harus disiapkan mulai dari 350 jutaan.

  1. Mitsubishi Triton

Triton merupakan saingan terdekat dari Ford Ranger. Kendaraan ini juga banyak digunakan di area pertambangan karena kemampuannya yang mengagumkan. Tampilan kendaraan ini juga cukup sangar setidaknya jika dibandingkan produk sejenis.
Mitsubishi Triton

Kendaraan ini dibekali dengan mesin 2.500 cc turbo diesel dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 5-percepatan. Kendaraan ini diklaim mampu menghasilkan daya sebesar 178 hp dan torsi puncak 400 Nm.

Harga yang ditawarkan para penjual Mitsubishi Triton mulai dari Rp 210 jutaan dan Anda akan mendapatkan unit tahun 2015.

  1. Toyota Hilux

d-cab dengan logo Toyota memang kurang populer dibandingkan dua pesaingnya di atas. Namun Hilux double cabin juga memiliki kemampuan yang tidak kalah sangar.

Mesinnya mengandalkan 3.000 cc turbocharger dengan penyaluran daya bisa mencapai 163 hp. Tampilan kendaraan ini mirip dengan Fortuner untuk keluaran barunya, sehingga bisa ikut menaikkan gengsi pemiliknya.
double cabin hilux

Harganya mulai dari Rp 280 jutaan untuk meminang unit buatan 2013

  1. Nissan Navara

Kendaraan lansiran Nissan satu ini kurang populer di area tambang, karena dianggap terlalu lembut. Fitur-fitur yang ditawarkan cukup berlimpah sehingga kenyamanan di dalamnya bisa diandalkan.


Navara Double Cabin

Untuk Anda yang tidak ingin repot melakukan pengecekan mendetail seperti dijabarkan di atas, bisa memilih unit satu ini. Pengecekan mobil tidak perlu serumit dengan d-cab eks tambang karena penggunaannya masih terbilang normal.

Mesinnya 2.500 cc turbo yang dipercaya mampu menghasilkan daya 174 hp dengan torsi 402 Nm. Sementara harga pasarannya mulai dari 180 jutaan untu buatan 2009. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar