Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membeli Mobil Double Cabin Bekas Tambang

Panduan Pembeli

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membeli Mobil Double Cabin Bekas Tambang

Mobil Double Cabin bekas tambang bisa menjadi pilihan untuk yang ingin memiliki kendaraan niaga empat pintu dengan bak terbuka. Sebab, harganya lebih terjangkau, tapi perlu hati-hati dalam memilihnya. 

Mobil Double Cabin atau dikenal juga dengan pikap kabin ganda merupakan mobil yang memiliki performa garang terutama pada torsinya. Selain itu, kaki-kakinya sangat mumpuni untuk melibas berbagai kontur jalan.

Berkat mesin yang bertenaga dan kaki-kaki yang kokoh, mobil pikap Double Cabin sering digunakan untuk kegiatan di medan berat, contohnya pertambangan. Tetapi tidak jarang pula mobil jenis tersebut dipakai untuk penggunaan pribadi supaya terlihat gagah dan tampil beda dari kendaraan lain di jalanan umum.

Sayangnya, mobil Double Cabin versi baru yang diniagakan di Indonesia memiliki harga sangat mahal. Toyota Hilux terbaru, misalnya, banderolnya mulai Rp431 juta, ada juga Mitsubishi Triton Double Cabin varian termurah dibanderol Rp412 juta.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, salah satu pilihan yakni membeli versi bekasnya. Apalagi jika mobil Double Cabin-nya bekas dipakai untuk kegiatan pertambangan, harganya akan jauh lebih bersahabat.

Meski mobil Double Cabin bekas tambang bisa didapat dengan harga murah, harus diakui mobil tersebut telah dipakai untuk pekerjaan berat, seperti mengangkut batu atau hasil tambang, ditambah lagi sering melewati medan di pertambangan yang pastinya bukan jalan mulus.

Maka dari itu, bagi Anda yang tertarik membeli mobil Double Cabin bekas tambang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipastikan agar ke depannya tidak menyesal.

Tips Membeli Mobil Double Cabin Bekas Tambang

Di bawah ini beberapa tips yang perlu diketahui dalam memilih mobil Double Cabin bekas tambang.

  • Kondisi Mesin

Seperti halnya membeli mobil bekas, sebelum meminang mobil Double Cabin bekas tambang perlu dipastikan kondisi mesinnya.

Mobil Double Cabin biasanya dipakai untuk melakukan pekerjaan berat di medan yang berat pula.

Semakin sering mobil Double Cabin digunakan untuk pekerjaan tersebut, performa komponen-komponen di dalamnya akan menurun, termasuk dapur pacunya. Maka dari itu, mesin patut untuk diperiksa ketika sudah menemukan mobil Double Cabin bekas yang hendak dibeli.

  • Kondisi Kaki-kaki

Sama seperti mesin, bagian kaki-kaki pada mobil Double Cabin bekas tambang juga perlu diteliti. Dalam penggunaannya, mobil ini sering membawa bobot dalam jumlah yang besar.

Rutinnya membawa beban berat tentunya akan berpengaruh ke kaki-kaki mobil. Misalkan saja sasis mobil jadi keropos atau bengkok, sehingga bantingan suspensinya menjadi tidak nyaman.

Kondisi ini memang sulit untuk dihindari pada Double Cabin bekas tambang, pasti akan ada beberapa masalah pada komponen kaki-kaki. Maka dari itu, lebih baik jika mobil bekas yang dipilih tidak memiliki terlalu banyak kerusakan supaya biaya perbaikannya nanti tidak menggelembung.

Selain itu, pastikan juga sistem penggerak 4x4 bekerja dengan normal. Sistem penggerak semua roda merupakan salah satu kekuatan dari mobil Double Cabin, jadi perlu dicek juga agar bisa mendapatkan mobil bekas tambang berpenggerak 4x4 terbaik.

  • Dokumen Mobil dan Pajak

Satu aspek lagi yang perlu dipastikan adalah validitas dokumen-dokumen identitas mobil, seperti BPKB dan STNK. Pastikan surat-surat tersebut asli.

Ini penting karena di pasar mobil bekas sering ditemukan mobil Double Cabin dengan dokumen yang tidak lengkap, atau pajaknya sudah lewat tenggat waktu.

Memilih mobil bekas tambang yang lebih mahal namun surat-suratnya lengkap lebih disarankan daripada murah tetapi pajaknya mati,supaya pengurusan balik nama kendaraan akan lebih mudah.

Pilihan Mobil Double Cabin Bekas

Setelah mengetahui beberapa tips memilih mobil Double Cabin bekas tambang. Di bawah ini ada beberapa pilihan model mobil Double Cabin seken di listing Mobil123.com yang bisa dipinang. Ada unit yang bekas pemakaian pribadi, ada juga yang pernah digunakan untuk pekerjaan berat.

Mitsubishi Triton 2.5 HD-X 2017

Pilihan mobil Double Cabin bekas yang pertama adalah Mitsubishi Triton 2.5 HD-X tahun produksi 2017. Mobil ini dijual oleh diler di Kertajaya Indah, Surabaya, Jawa Timur.

Mobil ini mengandalkan mesin diesel turbocharged kapasitas 2.477 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 109 hp dan torsi mencapai 200 Nm. Sistem transmisi yang disematkan berupa manual 5 percepatan.

Kilometer yang tertera pada odometer mobil ini menunjukkan angka 127 ribuan.

Berdasarkan catatan penjualnya, Triton bekas ini memiliki mesin yang prima dan sehat, serta “tidak ngebul”.

“Transmisi normal, kaki-kaki empuk senyap, bodi mulus seperti foto,” terang penjual dalam catatannya.

Kemudian fitur-fitur yang tersedia di dalam mobil bekas ini ada power window, CD, DVD, USB, Power Steering, Stabiliser Bar, Central Locking, dan Limited Slip Differential (LSD).

Untuk harga, penjual melepasnya Rp220 juta bila pembelian secara tunai. Jika konsumen memilih pembayaran secara kredit dikenakan harga Rp205 juta.

Toyota Hilux 3.0 G 2010

Berikutnya ada Toyota Hilux 3.0 G tahun produksi 2010. Mobil ini dijual oleh pemiliknya langsung di kawasan Cikelet, Garut, Jawa Barat.

Mobil ini sudah dipakai menjelajahi jarak sejauh 155 hingga 160 ribu kilometer.

Mesin yang digendonnya diesel turbocharged berkapasitas 2.982 cc bertenaga 161 hp dan torsi 343 Nm. Mesin tersebut didukung oleh transmisi manual 5 percepatan.

Kondisi mesin mobil ini dikatakan masih kering dan halus, demikian juga kaki-kakinya dianggap empuk.

Di eksteriornya, penjual mengatakan catnya orisinal dan tidak ada bekas tabrakan. Jok di kabin juga masih asli bawaan pabrik.

“Hand brake masih normal, kopling tidak keras, interior sangat bersih dan wangi,” tulis penjual dalam catatannya.

Fitur-fitur yang ada dalam Hilux bekas ini seperti AC, Power Steering, dan Power Window.

Harga yang disematkan penjual kepada Toyota Hilux bekas ini Rp140 juta.

Ford Ranger 2.5 XLT 2010

Mobil bekas Double Cabin selanjutnya Ford Ranger 2.5 XLT tahun 2010 yang dijual atas nama pribadi di BSD City, Tangerang, Banten.

Mobil ini sudah dipakai untuk menempuh jarak sejauh 171 ribuan km.

Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 2.499 cc turbocharged berbahan bakar solar, tenaga puncaknya mencapai 141 hp dan torsinya juga cukup besar, hingga 330 Nm. Tenaga dan torsi disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5 percepatan.

Penjualnya mengatakan kalau selama ini, mobil tersebut hanya dipakai untuk pemakaian pribadi, bukan bekas tambang sehingga dapat dipastikan komponen-komponen mesin dan kaki-kaki lebih baik.

“AC berfungsi dengan baik, mesin masih galak, kelistrikan berfungsi dengan baik,” jelas penjual dalam catatannya.

Mengenai pajak kendaraan masih hidup hingga Maret 2023.

Penjual memasang harga untuk Ford Ranger bekas ini Rp140 juta.

Nissan Navara 2.5 2008

Satu lagi mobil bekas Double Cabin dari jenama asal Jepang, Nissan Navara 2.5 lansiran 2008. Mobil ini dijual pemiliknya secara privat dari daerah Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Mobil ini sudah dipakai menempuh jarak yang cukup jauh, yaitu sekitar 245 hingga 250 ribu km.

Navara bekas ini mengandalkan mesin diesel 2.488 cc turbocharged, yang bisa mengeluarkan torsi di angka 402 Nm. Untuk tenaga yang dihasilkannya 174 hp.

Double Cabin bekas ini juga mengemban transmisi otomatis 5 percepatan.

Mobil ini sudah diberi tambahan aksesori dan di modifikasi, jika melihat catatan penjualnya. Head Unit dikatakan sudah ganti Android lengkap dengan kamera mundur.

“Audio sudah ada subwoofer suara jernih bass joss, jok kulit,” tulis si penjual.

Selain itu, di bagian luar mobil juga disematkan lampu HID (High Intensity Discharge), knalpot side exit, pipa aluminium turbo, pelek merek Lenzo ukuran 16 inci, ban Yokohama AT 2021 serta sudah remapping ECU (Electronic Control Unit).

Mengenai kondisi Navara bekas ini secara keseluruhan, penjual menyebutkan tidak perlu melakukan perbaikan lanjutan dan siap gas.

Surat-surat mobil dikatakan komplit, dan pajaknya masih panjang.

Harga yang disematkan pada Nissan Navara bekas ini Rp190 juta (nego).

Isuzu D-Max 2.5 VGS 2017

Mobil Double Cabin bekas merek Isuzu juga ada pilihannya. Diler di Gresik, Jawa Timur menjual Isuzu D-Max 2.5 VGS keluaran 2017.

Mobil ini dihargai penjualnya Rp190 juta. Harga tersebut berlaku untuk pembayaran tunai ataupun kredit.

Adapun jantung pacu yang menjadi penghasil tenaga untuk mobil ini memiliki kapasitas 2.499 cc turbocharged. Daya yang dihasilkan dari mesin diesel tersebut mencapai 136 hp, torsinya menyentuh 320 Nm.

Transmisi manual 5 percepatan menjadi perantara mesin dan roda penggeraknya.

Penjual dalam catatannya mengatakan D-Max bekas berplat nomor DA ini berada dalam kondisi yang sangat terawat.

“Kaki-kaki aman dan terawat, kelistrikan bekerja baik semua, mesin sehat tidak ‘ngebul’,” jelas si penjual.

Berdasarkan foto pada iklan di Mobil123.com, pada odometer sudah menunjukkan angka lebih dari 125 ribu km.

Surat-surat dan buku mobil disebutkan lengkap, dengan pajak masih hidup hingga April 2023.

Sayangnya, penjual menyebutkan Isuzu D-Max ini hanya berlaku di area Jawa Timur.

Chevrolet Colorado 2.4 LT 2012

Ada juga mobil Double Cabin bekas buatan Chevrolet yang tersedia di Indonesia, salah satunya adalah Chevrolet Colorado 2.4 LT tahun produksi 2012. Mobil bekas ini dijual dari area Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

Chevy kabin ganda ini dijual dengan harga Rp175 juta. Harga tersebut masih bisa dinegosiasikan.

Jarak yang sudah ditempuh mobil ini berdasarkan foto di iklannya menunjukkan angka 108 ribuan kilometer.

Mesin diesel yang diandalkan pada mobil ini berkapasitas 2.449 cc turbocharged, dengan tenaga puncak mencapai 148 hp dan torsi maksimum hingga 350 Nm. Performa tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5 percepatan.

Unit bekas ini dikatakan memiliki kondisi interior yang bersih dan rapi, serta eksterior yang mulus. Mesin mobil ini juga diklaim kering dan halus, serta AC dingin.

“Electric Mirror, sensor parkir, pelek ori,” tulis si penjual dalam catatannya.

Mazda BT-50 2.2 Basic 2014

Mobil bekas Double Cabin yang terakhir adalah Mazda BT-50 2.2 Basic tahun 2014, yang dijual oleh pemiliknya di kawasan Punggur, Lampung Tengah.

Berbeda dengan mobil Double Cabin bekas lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Mazda BT-50 bekas ini memiliki mesin diesel berkapasitas 2.198 cc dengan tenaga yang dihasilkan 118 hp dan torsi puncak 285 Nm.

Jarak tempuh yang sudah diraih mobil ini sekitar 145 hingga 150 ribu km.

Penjual mendeskripsikan BT-50 bekas ini sebagai mobil langka dan antik. Mesinnya disebut bukan common rail, sehingga perawatannya dianggap lebih mudah.

“Sangat langka, no kendala,” tulis penjual dalam catatannya.

Untuk sebuah mobil yang disebut “langka”, harga yang disematkan pada pikap kabin ganda ini bisa dibilang lebih murah. Penjual memasang harga sebesar Rp139 juta. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar