Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Menghadapi Aquaplaning

Panduan Pembeli

Tips Menghadapi Aquaplaning

JAKARTA – Kondisi Aquaplaning sangatlah berbahaya bagi keselamatan. Untuk itu pengendara harus tahu cara untuk mengindari dan menghadapinya.

Dan berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat menghindari kecelakaan fatal.

  1. Cek secara rutin kondisi semua ban (utama dan cadangan). Pastikan bahwa semua ban dalam kondisi siap pakai dan telah isi angin dengan tepat.
  2. Kurangi kecepatan saat melintasi jalanan licin dan jauhi genangan air. Usahakan untuk berkendara dengan mengikuti jejak jalan yang ditinggalkan oleh mobil depan.
  3. Jangan gunakan cruise control dalam kondisi jalan basah.

Namun, bila aquaplaning telah terjadi, apa yang harus dilakukan? Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Pertama, kenali bahwa Anda sedang mengalami aquaplaning. Cukup sulit untuk merasakan di mana Anda mengalami auquaplaning. Kadang, ketika Anda kehilangan traksi maka suara mesin juga akan meningkat. Tanda-tanda lainnya adalah roda kemudi tiba-tiba terasa ringan dan bagian belakang mulai tidak stabil.
  2. Dalam kondisi ini, pastikan Anda tidak panik dan tetap fokus untuk mengendalikan lingar kemudi. Dengan ketenangan ini maka Anda akan dapat membuat pilihan yang tepat untuk mendapatkan kembali kendali mobil. Jika Anda menggunakan cruise control, maka Anda harus menonaktifikannya dengan menginjak rem. Berdasarkan penelitian Roaddriver, penggunaan cruise control dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya aquaplaning.
  3. Ketika kendaraan mengalami aquaplaning, pengendara harus tetap memiliki (setidaknya) sedikit kendali untuk mengarahkan kendaraan. Hindari keinginan untuk menekan rem dalam-dalam karena tindakan ini justru dapat membuat mobil menjadi slip. Anda juga harus menghindari membanting setir karena justru akan memperburuk situasi. Jika mobil mengalami sliding, biarkan mobil menemukan jalurnya sendiri dan kurangi tekanan kaki dari pedal gas hingga Anda dapat merasakan gesekan dan traksi ban kembali ke roda.
  4. Pada titik ini Anda dapat mengendalikan setir dengan lebih halus ke tujuan yang Anda inginkan. Bila Anda mengerem, maka lakukan dengan lembut dan sedikit dipompa. Jika mobil telah dilengkapi dengan ABS, maka rem dengan normal.

Sebelum artikel ini kami telah menyajikan Kenali Aquaplaning dan 4 Faktor Penyebab Aquaplaning.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang