Kenali Aquaplaning

Panduan Pembeli

Kenali Aquaplaning

JAKARTA – Di musim hujan, sering kali kendaraan mengalami aquaplaning sehingga terjadi kecelakaan. Sebenarnya, apa itu aquaplaning?

Aquaplaning adalah kondisi di mana seluruh ban mobil kehilangan traksinya sehingga mobil menjadi terangkat dari permukaan jalan saat melintasi jalan licin atau penuh genangan air. Dalam kondisi tersebut, mobil akan bergerak tanpa arah sementara pengemudi tidak dapat melakukan apapun.

Bagaimana Aquaplaning terjadi?
Aquaplaning biasanya terjadi pada kendaraan yang sedang melaju pada kecepatan tinggi. Ketika melintasi genangan air, jumlah air yang terkumpul di depan mobil melebihi kemampuan ban dalam membuang air ke belakang.

Akibatnya, air yang gagal terbuang akan membentuk sebuah lapisan tipis di jalan sehingga membuat ban tidak dapat menapak jalan.

Umumnya, mobil keluarga dilengkapi dengan ban bertapak kecil. Ketika terjadi hujan dalam jumlah normal, di jalan yang halus dan kecepatan 100km/jam, setiap roda dapat membuang sekitar 1 galon air (3,8 liter) per detik.

Masing-masing elemen pada ban hanya mencengkram jalan dalam waktu 1/150 detik dan selama itu mereka harus membuang ke belakang. Bila kondisi ban bagus, biasanya aquaplaning tidak akan terjadi bila kecepatan mobil tidak lebih dari 88 km/jam.

Namun, aquaplaning mungkin saja tetap terjadi bila kondisi tersebut tidak tercapai. Sebut saja ban yang sudah tua dan tidak sanggup membuang air. Bahkan, mobil bisa mengalami aquaplaning meski hanya bergerak dengan kecepatan kurang dari 56 km per jam. [Adi/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual