Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

4 Faktor Penyebab Aquaplaning

Panduan Pembeli

4 Faktor Penyebab Aquaplaning

JAKARTA - Kemarin, kami telah membahas bagaimana aquaplaning terjadi. Kali ini kita akan membahas, unsur-unsur apa saja yang membuat mobil mengalami aquaplaning.

Berikut ulasannya dari Road Driver UK:

  1. Kecepatan
    Semakin tinggi kecepatan mobil saat kondisi jalan basah, maka semakin kecil pula kemampuan ban dalam mencengkram jalan. Jika mobil melaju dengan kecepatan 48 km/jam dengan ban yang baik dan melintasi genangan air sedalam 5 cm, maka ban masih memiliki kemampuan untuk membuang air dari depan ke belakang sehingga traksi masih bisa dipertahankan. Namun jika mobil tersebut melintasi genangan yang sama dengan kecepatan 80 km/jam, maka aquaplaning akan terjadi.
  2. Kondisi Ban
    Ban yang rusak atau aus tidak mampu membuang air secara efisien sehingga meningkatkan kemungkinan aquaplaning terjadi. Apalagi bila genangan air yang dilintasi telah kotor atau tercampur dengan minyak sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya aquaplaning pada ban yang rusak. Pastikan Anda memeriksa ban secara rutin agar keselamatan berkendara lebih terjaga.
  3. Air
    Semakin besar curah hujan, semakin dalam genangan air, semakin besar kemungkinan Anda akan terkena aquaplaning. Dalam kondisi ini, kurangi kecepatan Anda. Berkendaralah di lajur tengah untuk mengindari genangan air yang biasanya berada di sisi jalan. Posisikan kendaraan Anda di belakang mobil lain, agar ban Anda hanya melalui air yang lebih sedikit dan meningkatkan traksi ban.
  4. Permukaan Jalan
    Permukaan jalan yang licin juga lebih rentan terhadap aquaplaning. Lumpur di jalan yang berasal dari bangunan atau truk pertanian sangat berbahaya dan berpotensi untuk menyebabkan aquaplaning. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang