Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Foto Iklan Mobil Bekas Supaya Mobil Cepat Laku

Berita Otomotif

Tips Foto Iklan Mobil Bekas Supaya Mobil Cepat Laku

Foto merupakan faktor terbesar dalam memberikan kesan pertama mobil bekas kepada calon pembeli. Berikut beberapa tips mengambil foto mobil bekas yang menarik untuk diiklankan supaya cepat terjual.

Salah satu cara untuk menjual mobil bekas adalah dengan memasang iklan secara online. Saat ini, para pemilik yang ingin menjual mobilnya cukup memasang foto dan memberikan deskripsi singkat mengenai mobilnya di media sosial atau situs-situs jual beli mobil seperti Mobil123.com.

Memasang iklan di situs jual beli merupakan cara yang populer memasarkan mobil bekas. Di Mobil123.com sendiri tercatat ada lebih dari 69 ribu iklan mobil bekas di seluruh Indonesia yang siap untuk dibeli.

Melihat besarnya angka jumlah iklan tersebut, tentunya persaingan penjualan mobil menjadi ketat. Oleh karena itu, jika kita sebagai penjual ingin menarik perhatian banyak calon pembeli, iklan yang kita buat tentunya harus lebih menonjol dari iklan lainnya.

Dan salah satu cara membuat iklan mobil kita menonjol adalah dengan memberikan foto mobil dengan kualitas yang bagus.

Berikut adalah beberapa tips dalam mengambil foto iklan mobil bekas agar cepat terjual.

Iklan yang Singkat, Padat, dan Jelas

Penulisan iklan yang efektif menarik calon pembeli adalah tulisan yang cukup singkat namun jelas dan informatif.

Fungsi dari tulisan iklan ini adalah untuk memastikan bahwa calon pembeli paham mengenai mobil bekas yang akan kita jual.

Meskipun di beberapa situs jual beli kita dapat menulis iklan tanpa batasan jumlah kata, perhatian calon pembeli tidaklah tanpa batas. Maka dari itu, tulisan iklan kita harus berisi informasi yang paling relevan untuk diketahui calon pembeli.

Tulisan iklan ini berupa deskripsi detail dari mobil bekas meliputi:

  1. Merk, model, dan tahun pembuatan
  2. Odometer/angka kilometer jarak tempuh
  3. Warna
  4. Spesifikasi mobil (dimensi, mesin, transmisi, bahan bakar)
  5. Tahun Pajak
  6. Sejarah perawatan/servis
  7. Harga yang ingin dijual
  8. Nomor kontak/telepon

Foto Terbaik Memberikan Impresi Terbaik

Tampak visual merupakan faktor terbesar dalam memberikan kesan pertama. Hal ini juga berlaku dalam mengiklankan mobil bekas.

Oleh karena itu, foto mobil bekas yang dipajang juga harus berkualitas terbaik dan menampilkan tampak mobil secara menyeluruh.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan agar gambar mobil yang diambil terlihat bagus dan menarik.

1. Bersihkan Mobil

Salah satu hal sederhana namun penting dilakukan sebelum mengambil gambar mobil bekas adalah membersihkan mobil. Meskipun mobil sudah terlihat bersih, sedikit polesan di badan, kaca dan velg akan meningkatkan nilai jual mobil. Tampak mobil yang kinclong dan bebas debu memberikan perbedaan yang besar.

Ini juga berlaku pada sisi interior mobil. Jok mobil yang bebas noda, dasbor yang mengkilap, serta karpet mobil bersih akan memberikan kesan bahwa pemilik sebelumnya merawat mobil dengan baik, sehingga meningkatkan nilai jual mobil. Perlu diingat untuk mengeluarkan semua barang pribadi sebelum mengambil foto interior.

2. Cari Lokasi Foto yang Bagus

Lokasi merupakan faktor penting dalam mengambil foto mobil bekas yang menarik.

Calon pembeli ingin melihat mobil secara keseluruhan dan utuh. Mengambil foto mobil yang sedang parkir di garasi atau jalan yang sempit tidak akan terlihat menarik untuk calon pembeli.

Salah satu lokasi yang ideal untuk mengambil foto mobil adalah di jalan yang lebih besar atau lapangan parkir terbuka. Pastikan bahwa lokasi memiliki ruang yang cukup di sekitar mobil agar foto dapat diambil dari segala arah.

Satu hal yang perlu diperhatikan pada lokasi foto adalah menghindari pohon-pohon, kabel, atau gedung yang menghasilkan bayangan yang sangat jelas, sehingga dapat membuat mobil terlihat belang.

Salah satu tempat terbaik untuk mengambil foto mobil adalah taman umum, yang dapat memberikan latar belakang yang bagus.

3. Jangan Foto di Bawah Matahari

Waktu dan kondisi cuaca saat pengambilan foto mobil juga perlu diperhatikan. Jika waktu pengambilan foto dilakukan di siang hari ketika matahari sedang sangat terik, kamera akan kesulitan untuk mengambil foto mobil dengan jelas karena silau matahari yang terpantul dari mobil.

Waktu terbaik untuk mengambil foto mobil adalah pada sore hari atau ketika cuaca sedang berawan.

4. Ambil Foto dari Sudut Arah Tertentu

Sudut arah foto dapat membuat mobil bekas terlihat lebih gagah atau sporty. Beberapa foto dari berbagai sudut arah juga dapat membantu memperlihatkan mobil secara keseluruhan.

Sudut arah yang umum digunakan sebagai muka dari iklan mobil bekas adalah sudut miring 45 derajat dari mobil dengan jarak cukup jauh untuk mengambil tampak mobil secara utuh.

Iklan yang hanya memperlihatkan satu foto mobil saja tidak akan terlihat menarik untuk calon pembeli. Iklan tersebut akan tetap berada di listing mobil bekas untuk waktu yang lama.

5. Menggunakan Kamera yang Proper

Tips berikut bukanlah hal bersifat harus dilakukan, tetapi bersifat membantu meningkatkan kualitas foto mobil bekas agar menarik perhatian. Tips ini adalah dengan menggunakan kamera yang lebih layak.

Ya, kamera pada smartphone saat ini sudah sangat bagus, dan penggunaannya juga sangat praktis. Namun, dari segi kualitas gambar kamera ponsel tetap tidak dapat mengalahkan kamera SLR profesional.

Memakai kamera yang proper seperti kamera SLR bukan hal yang harus dilakukan karena tidak semua orang memiliki kamera SLR, dan harga kamera SLR termasuk tinggi.

Jika penjual kebetulan memiliki kamera yang proper, tidak ada salahnya untuk menggunakan kamera tersebut dibandingkan dengan kamera smartphone.

6. Ambil Gambar Secara Detail

Sebagai penjual, kita harus jujur mengenai mobil bekas kita kepada calon pembeli. Maka dari itu, perlu juga untuk mengambil foto secara detail kondisi dari mobil yang ingin dijual.

Tentunya sebelum dijual, mobil bekas biasanya dibawa ke bengkel untuk dilakukan beberapa perawatan agar mobil terlihat sempurna.

Namun, jika saja ada beberapa kerusakan seperti goresan atau peyot di badan mobil, bagian tersebut tetap perlu diambil foto agar calon pembeli mengetahui kondisinya secara menyeluruh.

Sama halnya pada sisi interior. Ambil foto di ruang terbuka agar bagian kabin mobil mendapatkan pencahayaan yang baik. Untuk mengambil foto dasbor secara keseluruhan, rendahkan sandaran kursi pengemudi dan sandarkan kamera pada headrest kursi. Jangan lupa juga untuk mengambil foto odometer.

7. Lihat Contoh Iklan Mobil Lainnya

Satu tips lainya adalah dengan berperan sebagai pembeli dan melihat-lihat foto iklan mobil lainnya yang sudah terpasang di media sosial atau situs jual beli.

Dengan melihat iklan mobil bekas yang lain, kita dapat mengetahui poin-poin positif dan negatif dari iklan tersebut dan menerapkannya kepada iklan kita sendiri.

Misalkan, jika ada suatu iklan mobil dengan foto yang menarik, cari tahu apa yang membuatnya menarik. Apakah itu dari kualitas fotonya? Lokasinya? Atau mungkin tampak mobilnya?

Begitu juga dengan iklan-iklan mobil yang tidak menarik, kita bisa mempelajari apa saja yang kurang dari iklan tersebut, sehingga kita dapat menghindarinya ketika membuat iklan mobil bekas sendiri. [ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang