Sejarah Suzuki Karimun yang Sudah Disetop Penjualannya di Indonesia

Panduan Pembeli

Sejarah Suzuki Karimun yang Sudah Disetop Penjualannya di Indonesia

JAKARTA - Suzuki Karimun memiliki sejarah panjang di Industri otomotif Indonesia. Karimun sudah hadir selama dua dekade atau 22 tahun. Suzuki sengaja mendatangkan Karimun untuk bermain di segmen city car, 

Suzuki Karimun generasi pertama hadir pada 1999. Tak disangka mobil berbentuk kotak itu mendapat sambutan positif dari konsumen, hingga akhirnya pada 2007, Suzuki merubah total tampilan Karimun menjadi lebih imut dan jauh dari kesan mengotak, serta membubuhkan nama Estilo.

Sayang umur Karimun Estilo terbilang sangat singkat, pabrik berlogo 'S' itu memutuskan untuk menghentikan penjualannya pada 2012.

Tak lama setelah itu, Suzuki membangkitkan Karimun model lawas, untuk bermain di kelas Low Cost Green Car (LCGC). Namanya pun berubah menjadi Karimun Wagon R.

Sejak hadir pertama kali pada 2013, Suzuki Karimun Wagon R hanya beberapa kali mendapatkan penyegaran, penjualannya pun jauh tertinggal ketimbang para pesaingnya di segmen yang sama. 

Untuk lebih jelasnya, simak uraian singkat mengenai sejarah Suzuki Karimun mulai dari generasi pertama hingga akhirnya disetop penjualannya di Indonesia.

Suzuki Karimun Generasi Pertama 1999-2006

Nama Suzuki Karimun sempat melejit di awal kemunculannya. Mobil perkotaan ini dikenal unggul dari segi desain dan keluasan kabin. Hal ini tentu membuat banyak orang membeli mobil ini sebagai kendaraan harian.

Tampilan eksterior Karimun generasi pertama sangat simpel dengan bentuk lampu utama mengotak.

Interiornya begitu lapang dan jarak kepala dengan atap cukup jauh, sehingga memberikan rasa nyaman bagi pengemudi maupun penumpang. 

Mesinnya berkapasitas 970 cc berkode F10A SOHC tiga silinder dengan tenaga 54 hp dan torsi 100 Nm.

Suzuki Karimun generasi pertama harus berhenti produksi pada 2006 dan digantikan dengan generasi kedua, yaitu Karimun Estilo pada 2007

Suzuki Karimun Estilo (Generasi Kedua) 2007-2013

Suzuki mendatangkan Karimun Estilo pada 2007 sebagai penerus dari Karimun generasi pertama.

Bentuknya sangat jauh dari model sebelumnya, bahkan lebih membulat dan meninggalkan desain mengotak.

Eksterior Karimun Estilo hadir dengan desain lampu utama seperti setengah lingkaran, beda dari sebelumnya yang cenderung berbentuk kotak. Sedangkan lampu kombinasi belakang punya bentuk sedikit memanjang.

Masuk ke bagian interior, kesan lega masih dapat dirasakan pada Karimun generasi kedua ini. Bahkan interiornya pun juga terasa modern berkat penyematan setir palang tiga serta instrumen panel dengan MID digital.

Sumber tenaganya berasal dari mesin 1.061 cc berkode F10D empat silinder dan dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 68 hp dan torsi 84 Nm. 

Suzuki Karimun Wagon R 2013 - 2021

Karimun Estilo disuntik mati pada 2012. Keputusan tersebut merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk memulai bermain di segmen LCGC.

Pada 2013 Karimun muncul lagi dengan nama Karimun Wagon R. Kedatangannya menandakan dimulainya kembali penjualan Karimun, tapi bukan untuk bermain di segmen city car melainkan LCGC.

Tampilan eksteriornya sangat mirip sekali dengan model generasi pertama, namun diberi sedikit sentuhan modern agar terlihat lebih menarik dan kekinian. 

Lampu depannya punya bentuk lebih besar dan sedikit mengotak, tepat dibawahnya tertanam foglamp dan bumper lebih besar serta modern.

Interiornya juga lebih modern dan secara kenyamanan di kabin tetap lega bila dibandingkan dengan model lain di kelasnya. 

Suzuki juga mengeluarkan Karimun Wagon R varian GS dengan tampilan lebih modern lewat penyematan lampu utama proyektor serta gril lebih mewah.

Mesinnya sendiri berkode K10B dengan kapasitas 998 cc tiga silinder bertenaga 68 hp dan torsi 90 Nm. Tenaga mesin disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan atau transmisi AGS (Auto Gear Shift).

Persaingan di segmen LCGC yang semakin ketat, membuat Karimun Wagon R terpaksa harus meninggalkan kawan-kawannya.

Baru-baru ini, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) memutuskan untuk menghentikan penjualannya di Tanah Air. Tetapi mobil tersebut masih terus di produksi di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi yang ditujukan untuk pasar ekspor.

Harga Suzuki Karimun Bekas

Harga Suzuki Karimun bekas sangat beragam. Setiap generasi punya harga yang begitu menarik. 

Diambil dari listing mobil123.com Suzuki Karimun keluaran 2002 dibanderol Rp50 juta. Jika mau tahun lebih muda, bisa melirik Karimun Estilo racikan 2007 seharga Rp70 juta.

Sedangkan Karimun Estilo 2012 dibanderol Rp73 juta. Ada juga Karimun Wagon R bekas tahun produksi 2019 transmisi manual tipe GL hanya Rp105 juta. Sementara varian GS keluaran 2017 dijual dengan harga Rp87 juta. (AP/Ses)




Berita Utama


Komentar